• Senin, 27 September 2021

Heboh! Jejak Belanda di Desa Cimanggu, Ratusan Koin Kuno Ditemukan Warga saat Kerja Bakti

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 21:15 WIB

INILAH, Ngamprah - Ratusan keping koin kuno peninggalan zaman Belanda ditemukan warga Desa Cimanggu, Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Selasa (3/8/2021).

Ratusan kepingan koin kuno tersebut ditemukan pemuda Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cimanggu yang tengah melakukan kerja bakti untuk penataan wisata mata air panas.

Ketua Karang Taruna Desa Cimanggu Dedi Sutarya mengatakan, penemuan ratusan keping koin kuno tersebut berawal dari pemugaran mata air panas untuk destinasi wisata di Desa Cimanggu.

"Dalam sumber mata air panas keluar sejumlah koin kuno tersebut. Kemudian, dijadikan mainan oleh anak-anak setempat. Bahkan, ditemukan koin kuno dalam jumlah yang cukup banyak yang mencapai sekitar ratusan lebih kepingan koin uang kuno," katanya kepada INILAH.

Dedi mengaku, sudah hampir satu pekan pihaknya melakukan pemugaran dan terus menemukan kepingan koin kuno peninggalan kolonial Belanda.

"Tapi selama tiga hari kebelakang kami juga terus menemukan kepingan koin kuno tersebut. Mudah-mudahan masih banyak di dalamnya," ucapnya.

Dedi menyebut, pasca penemuan kepingan koin kuno di mata air panas, pihaknya bersama Pokdarwis Desa Cimanggu akan membantu mulai mengembangkan potensi wisata air panas dan sejarah yang ada di kawasan tersebut.

Terkait dukungan dari Pemerintah Daerah Bandung Barat khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, pihaknya bersyukur lantaran Kadisbudpar selama satu minggu ini turun langsung ke lokasi destinasi.

"Alhamdulillah dukungan dari pak kadis sendiri sangat kita rasakan, salah satunya dari tidak tahu pokdarwis hingga tahu dan terbentuk Pokdarwis Desa Cimanggu," paparnya.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Terkini

Foto: Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kota Bandung 2021

Senin, 27 September 2021 | 16:47 WIB

Seleksi PPPK dan CASN Kota Bandung Dimulai Hari Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:33 WIB

Keren, Ikon Kota Bandung Jadi Motif Batik di HJKB ke-211

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Pemkot Bandung Minta Apotek Sediakan Ruang Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 09:32 WIB
X