• Senin, 27 September 2021

Puluhan Tahun Tertimbun Longsor, Sumber Mata Air Cipanas Ternyata Ditemukan Tak Jauh dari Kantor Pemda KBB

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 21:30 WIB

INILAH, Ngamprah - Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki sejuta potensi wisata alam yang masih tersembunyi. Salah satunya sumber mata air panas yang berlokasi di Desa Cimanggu Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Sempat menjadi primadona di tahun 1980 an, sumber mata air panas di Cimanggu hilang tertimbun tanah.

Kendati demikian, berkat inisiatif Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cimanggu yang dibentuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, mata air panas Cimanggu kembali ditata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan, soal lokasi sumber mata air panas ini berawal dari komunikasi antara dirinya dengan Karang Taruna Desa Cimanggu bahwa di wilayahnya ada sumber mata air panas.

"Dari situ kita coba dorong agar sumber mata air panas ini bisa berkembang dan dimanfaatkan menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di Desa Cimanggu, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat," katanya kepada INILAH, Selasa (3/8/2021).

Menurutnya, dengan potensi yang ada ini, pihaknya melihat peluang untuk memanfaatkan mata air panas tersebut untuk menjadi destinasi wisata lantaran lokasinya tidak jauh dari Kantor Pemda Bandung Barat.

"Jaraknya yang cukup dekat dengan ibukota kabupaten, kenapa tidak itu menjadi salah satu nilai jual bahwa di KBB ada sumber mata air panas," tuturnya.

Heri menjelaskan, jika lokasi tersebut ditata dengan baik kemungkinan bisa mengalahkan wisata air panas yang ada di Ciwidey, bahkan di Ciater.

"Kita dorong teman-teman karang taruna untuk mengembangkan wisata air panas ini agar bisa ditata lebih baik," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Terkini

Foto: Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kota Bandung 2021

Senin, 27 September 2021 | 16:47 WIB

Seleksi PPPK dan CASN Kota Bandung Dimulai Hari Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:33 WIB

Keren, Ikon Kota Bandung Jadi Motif Batik di HJKB ke-211

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Pemkot Bandung Minta Apotek Sediakan Ruang Produk UMKM

Senin, 27 September 2021 | 09:32 WIB
X