• Kamis, 20 Januari 2022

Atalia Kamil Bagi-bagi Tips Agar UMKM Tangguh di Masa Pandemi

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:20 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

INILAH, Bandung - Pandemi Covid-19 berimbas terhadap kelangsungan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bahkan, tidak sedikit yang gulung tikar. 

Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil memberi sejumlah tips untuk pelaku UMKM agar bisa bertahan dan berkembang. 

"Pelaku UMKM harus optimistis pandemi pasti berakhir. Karena itu, harus menciptakan produk yang tepat sesuai sasaran," ujarnya usai memasak di Dapur Cantik Cosmo x Modena, Senin (16/8/2021).

Dia meminta pelaku UMKM untuk membuka diri dan memperluas networking sehingga punya wawasan dan informasi tentang produk yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Selain itu, pelaku UMKM juga wajib mempelajari media massa dan teknologi informasi sebagai sarana promosi dan publikasi produknya.

"Harus melek teknologi informasi untuk promosi supaya orang lain mengetahui produk kita. Produksi pelaku UMKM harus disukai, dibutuhkan dan bisa dibeli," katanya.

Menurutnya, pelaku UMKM juga harus ikut bergabung dalam sebuah wadah asosiasi atau komunitas sehingga jaringan menjadi semakin luas.

Tak lupa, dia juga berpesan agar pelaku usaha rajin melihat program-program pemerintah yang mendorong pemberdayaan UMKM.

"Kepoin program pemerintah. Ada UMKM Juara, OPOP, bahkan baru-baru ini Pemprov Jabar bekerjasama dengan platform digital mendorong produk UMKM masuk ke pasar luar negeri," katanya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X