• Selasa, 25 Januari 2022

Ini Pesan Rektor kepada Mahasiswa Baru Unpad

- Senin, 23 Agustus 2021 | 18:20 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 yang disiarkan secara langsung dari Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (23/8/2021). Kegiatan diikuti secara virtual oleh mahasiswa baru Unpad di seluruh jenjang.

“Atas nama Unpad kami mengucapkan selamat datang kepada putra dan putri terbaik bangsa Indonesia di kampus Unpad tercinta, dan dengan penuh rasa bangga kami sambut Saudara-saudara dengan acara penerimaan mahasiswa baru ini,” ujar Rektor Unpad Rina Indiastuti.

Dia mengungkapkan, tahun ini Unpad menerima sebanyak 8.866 mahasiswa baru dari seluruh jenjang. Sebanyak 84,4% di antaranya merupakan mahasiswa jenjang Sarjana dan Sarjana Terapan. Mahasiswa baru tersebut diterima dari berbagai jalur masuk, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Dikatakan dia, mahasiswa Unpad merupakan orang-orang terpilih. Ini disebabkan, tingkat keketatan masuk Unpad cukup tinggi.

“Saudara-saudara yang diterima masuk Unpad  ini merupakan orang-orang terpilih yang memiliki potensi besar untuk menjadi agen-agen perubahan di masa depan guna mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045,” ujar Rektor.

Dia menjelaskan, mahasiswa baru Unpad telah disiapkan memiliki profil lulusan masa depan yang relevan.

“Untuk mencapai hal tersebut, attitude atau perilaku, knowledge atau pengetahun, values atau nilai, dan skills yaitu keterampilan atau keahlian merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa,” tuturnya.

Dalam konteks kesundaan berbasis global, ciri khas karakter yang ditanamkan kepada mahasiswa Unpad adalah “Jawara 5.0”, meliputi jago, wani, dan rancage.

“Jago” berarti unggul, mahasiswa Unpad harus kompeten, kompetitif, produktif, dan melek teknologi di era masyarakat 5.0. “Wani” berarti ksatria, yaitu mahasiswa Unpad harus religius, patriot, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang melayani. Sementara “rancage” berarti inovatif, kreatif, dan inisiatif.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

X