• Senin, 25 Oktober 2021

Sekda Kota Bandung Pastikan Pencegahan Korupsi Terus Berlangsung

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:40 WIB
PPID Kota Bandung
PPID Kota Bandung

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung memastikan mengikuti aturan dan arahan pemerintah pusat maupun komisi pemberantasan korupsi (KPK) dalam pencegahan korupsi. Hal itu agar tidak terjadi kesalahan dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Hal itu yang ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna seusai mengikuti acara peluncuran Monitoring Center For Prevention (MCP) melalui zoom meeting, Selasa (31/8/2021). 

Monitoring Center For Prevention digelar oleh komisi pemberantasan korupsi (PKP) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Proses penyelenggaraan pemerintahan lebih mengedepankan aspek pencegahan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam perencanaan, pengelolaan keuangan termasuk dalam pertanggungjawaban,” kata Ema.

Dia menegaskan, pemerintah daerah harus mengikuti regulasi seperti pelaporan tepat waktu. 

“Termasuk juga harus taat dan patuh dalam proses pelaporan yang tepat waktu. Peningkatn kualitas apratur lebih berkompeten, pengelolaan penyelenggaraan pemeritahan, aset dan sebagainya. Ini sebagai pengingat jangan terjadi hal tidak diinginkan,” ucapnya. 

Menurutnya, Pemkot Bandung sudah menjalankannya sesuai aturan. Karenanya, dinas terkait sudah menjalankan tata kelola pemerintahan. 

“Itu sudah bagian road map tata kelola pemeritahan dan peningkatan kualitas penyelenggaran reformasi birokrasi. Seperti dana diklat itu tidak boleh kurang dari 0,5 persen di APBD, ini sudah dipenuhi. Kemudian fungsi pengawasan sekian persen sudah terpenuhi dalam penyusunan APBD, karena harus penuhi. Sisi anggaran sudah clear daya dukung maksimal ini target diharapkan semua bisa berjalan baik,” ucapnya. 

Perlu diketahui, MCP memberikan informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi yang dilaksanakan oleh seluruh pemerintah daerah. 

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Foto: Syukuran Wisuda SBM ITB

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:27 WIB

Teras Cihampelas Akan Diaktifkan Kembali

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:15 WIB
X