• Minggu, 24 Oktober 2021

Satu Genggaman, Informasi Pelayanan Kesehatan dalam Satu Aplikasi

- Rabu, 1 September 2021 | 18:32 WIB
Dalam satu genggaman, informasi pelayanan kesehatan dalam satu aplikasi. (yogo triastopo)
Dalam satu genggaman, informasi pelayanan kesehatan dalam satu aplikasi. (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama PT Jasamedika Sarana akan mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang mampu menampung semua informasi dari seluruh rumah sakit.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, nantinya aplikasi tersebut dapat diakses masyarakat. Hanya dalam satu genggaman, informasi pelayanan kesehatan tersedia dalam satu aplikasi.

"Misalnya, seperti data ketersediaan jumlah kamar tidur yang kosong, ruangan ICU, oksigen, dan lain sebagainya. Jadi begitu ada masyarakat yang terkena persoalan kesehatan, mereka akan tahu harus ke mana," kata Ema pada Rabu (1/9/2021).

Sehingga, dituturkan dia, masyarakat dapat mengetahui situasi dan kondisi di setiap rumah sakit yang ada di Kota Bandung. Harapannya, tak ada lagi masyarakat yang kesulitan mencari rumah sakit yang kosong.

"Saya ingin masyarakat itu nanti segala sesuatunya lebih mudah. Semua informasi itu hanya dalam satu genggaman. Insyaallah Oktober bisa mulai diakses masyarakat, tinggal nanti publikasinya," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung-BPN Jabar Bersinergi, dari PTSL hingga Sengketa Tanah

Namun begitu Ema mengingatkan, hadirnya aplikasi ini merupakan bagian dari komitmen yang kuat. Bahwa dalam menangani masalah apapun terutama kesehatan, perlu adanya dorongan dan komitmen yang kuat.

"Tanpa komitmen, pergerakan mencapai tujuan organisasi itu tidak akan pernah tercapai. Untuk itu mari kita berkomitmen," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengakui, tantangan saat Kota Bandung darurat pandemi beberapa waktu lalu adalah minimnya informasi terkait rumah sakit yang kosong.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Pastikan Beri Bonus Bagi Atlet PON Papua

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Resmi, DLHK Tangani Sampah di Kota Bandung

Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Ini Syarat Transgender di Kota Bandung Bisa Miliki KTP

Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:17 WIB
X