• Jumat, 20 Mei 2022

UM Bandung Membongkar Kiat Tembus Jurnal Terindeks Scopus dan Web of Science

- Senin, 6 September 2021 | 11:49 WIB
Tangkapan layar webinar saat Ardi Gunardi, dosen Universitas Pasundan, membongkar kiat Tembus Jurnal Tembus Jurnal Terindeks Scopus dan Web of Science. (INILAHKORAN/Okky Adiana)
Tangkapan layar webinar saat Ardi Gunardi, dosen Universitas Pasundan, membongkar kiat Tembus Jurnal Tembus Jurnal Terindeks Scopus dan Web of Science. (INILAHKORAN/Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Penelitian merupakan bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan memiliki publikasi yang bertaraf internasional diharapkan dapat menciptakan hasil riset yang bermanfaat dan terarah sehingga dapat terus memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

Melihat hal itu, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung), menggelar webinar bertema Kiat Menembus Jurnal Terindeks Scopus dan WoS (Web of Science).

Webinar tersebut merupakan upaya mendukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan kompetensi dosen Indonesia, peneliti, dan stakeholders menuju jurnal ilmiah bereputasi internasional.

Baca Juga: Mantul Nih, Dishub Kota Bandung Tambah Satu Bandros Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ardi Gunardi yang merupakan dosen Universitas Pasundan (Unpas), editorial board pada 8 jurnal bereputasi internasional dan reviewer pada 15 jurnal bereputasi internasional.

Ardi mengajak peserta mengenal perangkat riset dan publikasi ilmiah, mengapa publikasi di jurnal menjadi penting, alur indeksasi artikel di Scopus dan WoS, cara pandang tentang menulis artikel ilmiah, dan persiapan sebelum publikasi di jurnal bereputasi.

”Publikasi ilmiah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi merupakan media bagi akademisi untuk membangun reputasi individu dan institusi tempatnya mengabdi,” kata Ardi, Senin 6 September 2021.

Baca Juga: Menyejukkan, UM Bandung Gelar Vaksinasi Lintas Agama

Ardi juga membagikan pengalamannya sebagai reviewer dan pengelola jurnal. Ardi mengatakan, ”Change your mindset, change your life.”

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KEREN, Pemkot Bandung Berhasil Quattrick WTP

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:20 WIB

Uji Coba Flyover Kopo, Kapan Resmi Beroperasi?

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:04 WIB
X