• Minggu, 28 November 2021

Dampingi Luhut Binsar Pandjaitan Tinjau TPSA Cicabe, Ini Harapan Bupati Dadang Supriatna

- Selasa, 7 September 2021 | 20:59 WIB
Kunjungan Kerja Menko Luhut Binsar Panjaitan
Kunjungan Kerja Menko Luhut Binsar Panjaitan

INILAHKORAN,Bandung- Bupati Bandung Dadang Supriatna mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan, mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cicabe Kota Bandung, Selasa, 7 September 2021.

Kunjungan kerja Menko Marves tersebut juga untuk meninjau progres Program Citarum Harum.

“Hari ini saya bersama Pak Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mendampingi Pak Menteri melihat kondisi pola penanganan sampah di Jawa Barat. Sekaligus rapat bersama untuk membahas dan mencari solusi serta rencana aksi,” kata Dadang.

Dengan adanya tempat pembuangan atau pengelolaan sampah, kata Dadang, kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai diharapkan semakin berkurang. Sehingga fungsi aliran sungai tidak terganggu, dan airnya pun tidak tercemar.

Baca Juga: Hidup Berdampingan dengan Covid-19, Laku Disiplin Inilah Kuncinya

“Kabupaten Bandung juga akan mengusulkan penambahan beberapa lokasi tempat pengelolaan sampah, terutama di bantaran sungai. Semoga ke depannya Citarum bebas dari sampah dan limbah,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkugan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah menambahkan, ke depan rencananya pemerintah pusat akan membentuk command center Satuan Tugas Citarum Harum. Seluruh sektor yang bertugas di lapangan dengan berbagai kegiatannya, akan dipantau di command center tersebut.

“Sehingga mempermudah dan mempercepat koordinasi. Ketika terjadi sedimentasi sungai, ada penumpukan sampah, saat ada bangunan liar di pinggiran sungai, itu bisa dikoordinasikan untuk segera dibersihkan. Intinya itu, dan itu akan dilakukan di semua Kabupaten Kota yang diundang hari ini," katanya.(rd dani r nugraha).*

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X