• Senin, 25 Oktober 2021

Jual Aset untuk Kebutuhan Hidup, Pelaku Seni KBB Minta Diberi Ruang untuk Usaha

- Jumat, 10 September 2021 | 18:19 WIB
 (agus satia negara)
(agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Para pelaku seni yang tergabung dalam Aliansi Komunikasi Seni Indonesia (AKSI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta Pemkab Bandung Barat untuk memberikan ruang untuk kembali berusaha dan beraktivitas.

Pasalnya, semenjak adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), para pelaku seni tidak bisa berusaha, bahkan hingga menjual asetnya hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Inisiator AKSI KBB Hermawan mengatakan, jumlah komunitas yang tergabung dalam AKSI ini tak kurang dari sembilan organisasi di KBB.

"Dalam satu organisasi, paling sedikit ada 300 orang anggota. Sementara yang sudah terdata ada sekitar 2000 orang pelaku seni yang terdampak Covid-19," katanya, Jumat 10 September 2021.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Garut, Bertambah 2 Pasien Meninggal Dunia

Sebenarnya, kata dia, keberadaan AKSI KBB merupakan upaya membantu pemerintah daerah dalam menata kondisi nyata para pelaku seni saat ini. Salah satu dari aspek database para pelaku seni. Pasalnya, hal itu sangat penting.

"Ini harus segera diperbaiki, ini waktu yang tepat lantaran kebetulan pak Hengky seorang seniman. Kami merasa ini adalah momen yang tepat juga," ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, seni saat ini telah menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dari sisi finansial. Terlebih, mayoritas para pelaku seni saat ini tengah menggeluti bidang yang berkaitan dengan acara, seperti pesta pernikahan dan lainnya.

"Seni sekarang kan bergeser menjadi salah satu usaha. Dan lahan usaha yang paling banyak di area pernikahan karena pertunjukan dan lain sebagainya sekarang kurang diminati," terangnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Syukuran Wisuda SBM ITB

Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:27 WIB

Teras Cihampelas Akan Diaktifkan Kembali

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:15 WIB

Kota Bandung Pastikan Beri Bonus Bagi Atlet PON Papua

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:30 WIB
X