• Senin, 24 Januari 2022

Menapaki Jejak Sejarah Kewedanan Cililin

- Minggu, 12 September 2021 | 17:44 WIB
Kantor Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (agus satia negara)
Kantor Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Cililin merupakan nama salah satu desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang memiliki cakupan dan ruang lingkup wilayah yang sangat luas.

Pasalnya, hampir sebagian besar wilayah yang ada di Bandung Barat bagian selatan merupakan bagian dari Cililin. Hal itu bisa dilihat dari jejak sejarah Cililin yang dahulu merupakan satu kewedanan yang cakupan wilayahnya meliputi Cihampelas, Sindangkerta, Cipongkor, Gunung Halu dan sekitarnya.

Kewedanan sendiri adalah wilayah administrasi kepemerintahan yang berada di bawah kabupaten dan di atas kecamatan yang berlaku pada masa Hindia Belanda dan beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia yang dipakai di beberapa provinsi.

Baca Juga: Jelang Porda 2022, Dadang Supriatna Minta PTMSI Gali Atlet Tenis Meja Berprestasi

Hal itu diungkapkan tokoh sekaligus budayawan Cililin Amar Sudarma (86) yang menjadi saksi hidup sejarah Cililin pada masa peralihan penjajahan kolonial Belanda ke Jepang hingga pasca kemerdekaan RI.

Meski berusia senja, Amar nampak segar dan bugar, bahkan mampu mengingat dengan baik setiap cerita awal mula berdirinya Cililin.

Amar menuturkan sejak dahulu dirinya terus menggali setiap bukti sejarah melalui pengalaman pribadi maupun penulusuran literatur, termasuk menemui tokoh sentral dalam Kawedanan Cililin.

Baca Juga: Jelang PTM, Pemkab Bandung Barat Imbau Para Pelaku Transportasi Segera Divaksin

Dalam buku "Lintasan Sejarah Bandung Rungsit (1630-1643) dan Cikal Bakal Kewedanaan Rongga-Cililin (1705-1962)" yang ditulisnya, ia menilai sejarah kewedanaan terbagi pada beberapa bagian.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X