• Minggu, 19 September 2021

Selain Ancam Bikin DPRD Jabar Kisruh, Ade Barkah Juga Teror Bappeda via Flasdisk, Isinya Usulan Proyek

- Senin, 13 September 2021 | 15:28 WIB
Mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (13/9). ( (Desca Lidya Natalia))
Mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (13/9). ( (Desca Lidya Natalia))

INILAHKORAN, Bandung- Selain mengancam membuat kekisruhan di DPRD Jabar, mantan Pimpinan DPRD Jabar Ade Barkah juga terus-terusan ‘meneror’ Bappeda Jabar lewat flasdisk yang berisi usulan jatah proyek mereka yang harus masuk di Banprov Jabar.

Hal itu terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi Banprov Jabar untuk Kabupaten Indramayu, dengan terdakwa mantan Wakil Ketua DPRD Jabar Ade Barkah Surahman, dan mantan DPRD Jabar Siti Aisyah, di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin (13/9/2021).

Dalam sidang dengan agenda kesaksian, salah seorang saksi Yuke Mauliana Septina yang menjabat sebagai Kabid Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Jabar menyebutkan peranan Ade Barkah dan Siti Aisyah dalam pengusulan proyek di Indramayu yang bersumber dari Banprov Jabar.

Baca Juga: Rocky Gerung vs Sentul City: Haris Azhar Pertanyakan HGB Pengembang

Awalnya Yuke menjelaskan, usulan untuk pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar itu langsung diusulkan oleh kabupaten/kota via RKPD online. Singkatnya, usulan yang masuk itu ditutup seminggu sebelum Musrembang dan setelah Musrembang langsung keluar peraturan gubernur  (Pergub).

JPU KPK Febby Dwiyandospendy kemudan menanyakan fakta yang terjadi, apakah ada campur tangan dari DPRD Jabar. Yuke pun membenarkannya.

”Kalau info yang saya terima langsung, Ade Barkah dan Siti Aisyah,” jawabnya.

Adapun peranan Ade Barkah dalam Banrpov ini, Yuke menyebutkan, yakni sebagai pimpinan DPRD Jabar dia memberitahukannya soal usulan dari beberapa anggota DPRD Jabar, dan meminta kepada Bappeda untuk mengkrosceknya apakah usulan itu sudah masuk atau belum.

Baca Juga: Warga Pejambon Hentikan Proyek Pokir DPRD Kabupaten Cirebon, Ini Penyebabnya

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Unpad dengan Beragam Nilai Luhurnya

Minggu, 19 September 2021 | 13:31 WIB

Weekend di Bandung, Polisi Berlakukan Gage di Ledeng

Sabtu, 18 September 2021 | 13:30 WIB

Ini Sejumlah Tempat Ibadah Tertua di Kota Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB
X