• Kamis, 9 Desember 2021

Pemkot Bandung dan UPI Kembangkan Teknologi Mesin Pengolah Sampah dari Jepang

- Senin, 13 September 2021 | 15:40 WIB
 (yogo triastopo)
(yogo triastopo)

INILAHKORAN, Bandung - Pemkot Bandung bersama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kini tengah mengembangkan teknologi mesin pengolah sampah.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, teknologi mesin pengolah sampah dari pemerintah Jepang itu harus disempurnakan sebelum nantinya dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini sebagai tindaklanjut kita ke Jepang pada 2020. Kemudian dikerjasamakan antara Jepang dan UPI. Saat ini sedang dikembangkan agar asap dari sampah ini keluarnya bisa lebih sempurna," kata Oded, Senin 13 September 2021.

Baca Juga: Selain Ancam Bikin DPRD Jabar Kisruh, Ade Barkah Juga Teror Bappeda via Flasdisk, Isinya Usulan Proyek

Menurutnya, mesin pengolah sampah hibah dari negeri Sakura tersebut memiliki keunggulan dari sisi dimensinya. Dengan ukurannya yang kecil, tentunya tidak membutuhkan ruang banyak.

Apabila dalam pengembangan tekonologinya berhasil. Pemkot Bandung, dituturkan dia akan memulai pengelolaan sampah di tingkat rukun warga. Sehingga persoalan sampah dapat diminimalisasi.

"Kalau pengembangan ini terwujud, kita akan mulai pengelolaan sampahnya itu di setiap RW. Kalau di setiap RW, berarti butuh 1.587 unit, satu RW satu. Maka akan selesai secara bertahap," ucapnya.

Baca Juga: Pekan Kedua Ganjil-genap di Kota Bandung, 4.518 Kendaraan Diputar Balik

Sementara itu, Ketua Laboratorium UPI Sriyono mengatakan prinsip kerja teknologi mesin pengolah sampah asal Jepang tersebut terjadi secara alamiah. Pembakaran sampah tidak bergantung mesin.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X