• Jumat, 17 September 2021

Daop 2 Bandung: Seluruh Calon Penumpang KA Wajib Disuntik Vaksin sebagai Syarat Perjalanan

- Selasa, 14 September 2021 | 16:57 WIB
Seluruh calon penumpang KA kini diwajibkan memiliki sertifikat vaksin Covid-19. (istimewa)
Seluruh calon penumpang KA kini diwajibkan memiliki sertifikat vaksin Covid-19. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memastikan seluruh layanan kereta api yang dioperasikan hanya digunakan penumpang yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

"Baik KA jarak jauh maupun KA lokal, seluruh pelanggannya harus sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Kebijakan tersebut dilaksanakan menyesuaikan dengan terbitnya Surat Edaran Kemenhub No 69 Tahun 2021," kata Manager Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo, Selasa 14 September 2021.

Baca Juga: Len Garap Sistem Persinyalan Jalur Ganda KA Kiaracondong-Cicalengka

Menurutnya, dengan diberlakukannya syarat sertifikat vaksin tersebut maka dokumen lain seperti surat tugas atau keterangan lainnya tidak lagi menjadi syarat bagi pelanggan KA lokal.

Pada layanan KA lokal, syarat tersebut diberlakukan mulai Selasa, 14 September 2021 ini. Serifikat vaksinasi Covid-19 tersebut akan dicek petugas melalui layar komputer petugas boarding sebelum naik kereta.

Data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding karena KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding dan mewajibkan calon pelanggan menyertakan nomor induk kependudukan (NIK) pada saat pembelian atau pemesanan tiket KA lokal.

Baca Juga: Tiap Hari, Daop 2 Bandung Suntik 50 Vaksin Penumpang KA Jarak Jauh

"Jika data tidak muncul pada layar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksin calon pelanggan," ujar Kuswardoyo.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X