• Minggu, 19 September 2021

Mari Mengenal FP2KC, Anak Muda Citatah Penyelamat Bukit Karang Peraih Kalpataru

- Rabu, 15 September 2021 | 10:29 WIB
Citatah (INILAH/Agus SN)
Citatah (INILAH/Agus SN)

INILAHKORAN, Ngamprah - Forum Pemuda Karst Citatah (FP2KC) Bandung Barat menjadi salah satu dari 10 penerima anugerah tertinggi Kalpataru 2021 bidang lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sukses meraih kategori penyelamat lingkungan, FP2KC Bandung Barat dinilai berhasil jadi pelindung karst dengan menghadirkan alternatif pengelolaan gunung batu gamping Citatah tanpa harus dirusak.

Bermarkas di Kampung Cidadap, Desa Padalarang, para pemuda ini datang bukan dengan alat berat untuk membuat tambang. Melainkan, menyuguhkan alternatif berbasis konservasi, edukasi, dan rekreasi yang melibatkan pemberdayaan masyarakat.

Bukit-bukit yang semula jadi sasaran tambang diubah menjadi wisata edukasi dan konservasi. Sebut saja Pasir Pawon, Tebing Masigit, Tebing Hawu dan Pabeasan, Stone Garden, Kawasan Pegunungan Sanghyang, dan Karang Panganten. Di lokasi itu kini hadir, wisata ekstrim Hammock, panjat tebing, camping, dan lainnya.

Baca Juga: Jelang PTM, Pemkab Bandung Barat Imbau Para Pelaku Transportasi Segera Divaksin

Ketua FP2KC, Deden Syarif Hidayat menyebut, pencapaian yang diraihnya dinilai belum seberapa. Faktanya kawasan Karst Citatah saat ini masih terancam.

"Kita belum mendapat hasil besar karena pertambangan masih ada. Capaian sudah ada seperti di Sekitar Pasir Pawon, Tebing Masigit, Tebing Hawu dan Pabeasan, Stone Garden, Kawasan Pegunungan Sanghyang, dan Karang Panganten," sebutnya.

"Meski sudah kita lakukan upaya penyelamatan tempat-tempat ini bukan sepenuhnya bersih penambangan, disekitarnya tetap masih ada," sambungnya.

Ia juga mengaku, penghargaan tersebut tidak terlalu menggembirakan. Menurutnya, ini hanya sebagai pelipur lara sementara dan tidak ingin terlena.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Unpad dengan Beragam Nilai Luhurnya

Minggu, 19 September 2021 | 13:31 WIB

Weekend di Bandung, Polisi Berlakukan Gage di Ledeng

Sabtu, 18 September 2021 | 13:30 WIB

Ini Sejumlah Tempat Ibadah Tertua di Kota Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB
X