• Sabtu, 16 Oktober 2021

Napak Tilas Pangeran Atas Angin, sang Penyebar Syiar Islam di Cijenuk

- Rabu, 22 September 2021 | 17:30 WIB
Masjid di kompleks Makam Keramat Syekh Maulana Muhammad Syafe'i atau yang lebih dikenal dengan julukan Pangeran Atas Angin. (INILAHKORAN/Agus Satia Negara)
Masjid di kompleks Makam Keramat Syekh Maulana Muhammad Syafe'i atau yang lebih dikenal dengan julukan Pangeran Atas Angin. (INILAHKORAN/Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Kabupaten Bandung Barat sebelumnya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kabupaten Bandung. Dalam perjalanan historisnya, Bandung Barat juga tak terpisahkan dari wilayah Priangan.

Bahkan, tak juga bisa dipisahkan dalam konteks sejarah Jawa Barat atau Sunda pada umumnya. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mengungkap bahwa Jawa Barat telah dihuni oleh masyarakat manusia dari prasejarah dan sejarah.

Salah satunya bisa dibuktikan dengan adanya Makam Keramat Syekh Maulana Muhammad Syafe'i atau yang lebih dikenal dengan julukan Pangeran Atas Angin yang berada di Kampung Keramat Wali RT01/RW07 Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Cara Mengenali Teman dalam Islam, Benarkah Baik atau Pura-pura Baik?

Untuk menuju ke lokasi objek Makam Syekh Maulana Muhammad Syafe' i akan melalui jalan yang cukup representatif lantaran merupakan jalan provinsi yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Komplek makam keramat Syekh Maulana Muhammad  Syafe'i merupakan makam keluarga dan posisinya juga berada dalam benteng. Sementara itu, makam-makam yang berada dalam pagar tersebut berjumlah 11 makam.

Kesebelas makam tersebut tidak menggunakan jirat ataupun nisan, namun ditata dengan batu-batu alam dengan membentuk pola segi empat.

Baca Juga: Foto: Axis Dukung Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua untuk Pelajar dan Mahasiswa

Di sebelah timur makam terdapat sebuah masjid, sementara di sebelah barat makam terdapat bangunan khusus untuk berziarah. Bangunan tersebut cukup representatif, terdapat ruangan khusus untuk pria (ukuran 9 x 13 meter) dan untuk wanita (9 x 16 m).

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UIN SGD Bandung Jalin Kerja Sama dengan BTN

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Resmi, DLHK Tangani Sampah di Kota Bandung

Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:17 WIB

Foto: Inovasi Berkebun di Areal Perumahan

Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:33 WIB
X