• Kamis, 28 Oktober 2021

Terkait PTM Terbatas, Harus Ada Evaluasi Dulu

- Jumat, 24 September 2021 | 15:16 WIB
 Pengamat Kebijakan Pendidikan Cecep Darmawan (istimewa)
Pengamat Kebijakan Pendidikan Cecep Darmawan (istimewa)
INILAHKORAN, Bandung - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan, ribuan kasus baru terjadi pada sekolah-sekolah yang melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Salah satunya adalah, Provinsi Jawa Barat.
 
Melihat hal tersebut, Pengamat Kebijakan Pendidikan Cecep Darmawan menyoroti terkait pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas ini.
 
Dia mengatakan, harus ada evaluasi terkait PTM terbatas ini. Pihak sekolah harus ketat menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Apakah SOP-nya sudah dilaksanakan dengan baik atau belum. Seandainya sudah, apa yang harus dilakukan. Namun, jika belum, lebih baik hentikan dulu PTM terbatasnya.
 
 
"Kalau misalkan ada yang terkena Covid-19, saya kira ambil tindakan, apakah PTM terbatasnya dihentikan dulu, atau tetap berjalan semua tergantung pada otoritas sekolah, Disdik dan satgas Covid-19," kata Cewan panggilan akrab Cecep Darmawan, Jumat 24 September 2021.
 
Cewan melanjutkan, kasus Covid-19 ini harus ditelusuri datangnya dari mana, apakah dari teman sekolah, atau dari luar sekolah. Hal ini yang harus telesuri. "Kita kan nggak tahu datangnya Covid-19 ini," singkat Guru Bersar UPI itu.
 
Maka dari itu, kata Cewan, pihak sekolah harus ada tracking (pelacakan) dengan perhatian khusus. Selain itu, sekolah juga harus kerjasama dengan tim Satgas Covid-19, kabupaten/kota, dan bagaimana cara penanganannya. 
 
 
"Mudah-mudahan di Kota Bandung tidak terjadi klaster sekolah. Harus ada pengawasan atau kontrol yang baik, termasuk dari dinas pendidikan sendiri. Hemat saya, harus dibentuk tim pengawas, ada dari wakil  pengawas dinas dan ada tim pengawasan independen termasuk pihak media," imbuh Cewan. (okky adiana)
 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pembuatan Mural di Bawah Jembatan Pasupati

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Foto: Rencana Wajib Tes PCR di Semua Moda Transportasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:46 WIB
X