• Minggu, 24 Oktober 2021

Nelangsa! Rumahnya Hancur Diterjang Bencana, Sudah 2 Bulan Warga Cimahi ini Tak Dapat Bantuan

- Senin, 27 September 2021 | 15:39 WIB
 (Agus Satia Nagara)
(Agus Satia Nagara)
INILAH KORAN, Cimahi - Nasib pilu tengah dialami Herry (52) warga Jalan Terusan Gang Neglasari, Cimahi Tengah, Kota Cimahi lantaran kondisi rumahnya yang hancur diterpa hujan angin, pada 2 Agustus 2021 silam.
 
Kerugian materiil diprediksi mencapai ratusan juta rupiah membuat pria paruh baya ini berharap ada bantuan dari pemerintah setempat, termasuk Pemerintah Kota Cimahi. Pasalnya, ia hanya bekerja sebagai buruh harian lepas dan menjadi pengemudi ojeg online (Ojol) dengan penghasilan yang tak menentu.
 
Namun hingga saat ini, belum ada bantuan dari pemerintah setempat, termasuk dari Pemerintah Kota Cimahi yang bisa meringankan bebannya dan memperbaiki kembali kondisi rumahnya yang luluh lantak.
 
Herry mengatakan, detik-detik kronologis saat rumahnya porak-poranda diterpa hujan angin terjadi pada 2 Agustus sekitar pukul 14.30 WIB.
 
"Saat hujan deras itu, atap rumah saya tersapu angin yang datang dari arah depan, tepatnya dari area taman dan jalan)," katanya, Sabtu 25 September.
 
Ia mengaku, pihaknya sempat mendapat respon positif dari pemerintah setempat dan bantuan dari BPBD Cimahi, namun hanya berupa sebuah terpal.
 
 
"Iya sempat dapat berupa terpal ukuran 2x4 meter saja dan tidak ada yang lain," ujarnya.
 
Ia menuturkan, kerusakan yang paling parah itu di bagian atap rumah lantaran semuanya terbang tersapu angin. Namun, sebut dia, hingga saat ini dirinya dan keluarga masih menunggu bantuan agar atap rumahnya bisa diperbaiki.
 
"Sekarang kondisinya kita hanya bisa mengungsi sementara dan ngontrak kamar," tuturnya.
 
Tak cukup sampai disitu, ia juga mengaku, dirinya harus mengganti kerusakan rumah tetangganya yang juga tertimpa puing-puing atap rumahnya.
 
"Tetangga yang atapnya terkena jatuhan atap rumah, kita ganti rugi sebesar Rp500 ribu, serta kita bantu bereskan puing-puingnya," ucapnya.
 
Ia berharap, pemerintah tidak hanya datang, namun juga bisa memberikan gambaran untuk mendapat bantuan, termasuk prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan bantuan tersebut.
 
 
"Selama ini kita hanya menunggu tindak lanjut dari kedatangan pemerintah ke kelurahan," ujarnya.
 
Menanggapi hal itu, Kasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Rohmat mengatakan, sesuai dengan Permendagri Nomor 90, anggaran perbaikan rumah akibat bencana ada di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi.
 
"Jadi sebenarnya yang bersangkutan bisa langsung menghubungi DPKP yang membidangi bantuan rumah," ujarnya.
 
 
Guna menindaklanjuti arahan tersebut, INILAHKORAN mencoba menghubungi salah satu pejabat yang ada di dinas tersebut.
 
Namun hingga berita ini diturunkan
INILAHKORAN mencoba menghubungi dinas terkait, belum mendapat respon dari dinas terkait. (agus satia negara). ***

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teras Cihampelas Akan Diaktifkan Kembali

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:15 WIB

Kota Bandung Pastikan Beri Bonus Bagi Atlet PON Papua

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Bupati kukuhkan Forum Bogor Sehat periode 2021-2026

Kamis, 21 Oktober 2021 | 23:45 WIB
X