• Selasa, 18 Januari 2022

Geber Pagi, Buruan SAE Peduli, dan Bereaksi Cegah Stunting di Kota Bandung

- Rabu, 29 September 2021 | 15:49 WIB
 (Yogo Triastopo)
(Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menggelar Gerakan Berbagi Pangan Bergizi (Geber Pagi), Beraksi (Berbagi Asupan Pangan Enak Bernutrisi), dan Buruan SAE Peduli di Pendopo Kota Bandung, Rabu 29 September 2021.

Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-211 Kota Bandung (HJKB).

Kegiatan Geber Pagi ini merupakan yang ketiga kali dilaksanakan dengan "leading sektor" Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung. Kali ini dengan sasaran untuk pencegahan dan penanganan stunting di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, gerakan ini merupakan sebuah program berkelanjutan dari urban farming yang saat ini menjadi pertanian terintegrasi Buruan SAE (Sehat, Alami, Ekonomis).

"Alhamdulillah gerakan berbagi pangan ini mulai banyak yang sudah melaksanakan. Karena urban farming ini sudah ada hasilnya, maka dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan. Khususnya saat ini dalam rangka penanganan stunting di Kota Bandung," kata Oded.

Oded optimis, jika Buruan SAE yang diprogramkan DKPP dapat dilakukan hingga tingkat RT, ke depan Kota Bandung yang tidak memiliki lahan sawah dapat menciptakan ketahanan pangan. Sehingga Kota Bandung tidak bergantung kepada daerah lain.

"Diawali dulu dengan urban farming, kemudian muncullah inovasi-inovasi lain, dan tidak hanya bertani di halaman rumah. Dengan Buruan SAE dan pertanian terpadu itu sangat luar biasa untuk ketahanan pangan di Kota Bandung," ujarnya.

Baca Juga: Makanan Bergizi Kunci Cegah Stunting

"Bertani di lahan yang luas itu sudah biasa, tetapi pertanian terpadu di kota metropolitan, kalau berhasil itu luar biasa," ucapnya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temui Vandalisme, Yana Mulyana : Jangan Sungkan Lapor

Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:19 WIB

Pemkot Bandung Wacanakan Penggunaan Insinerator di TPS

Selasa, 28 Desember 2021 | 22:03 WIB
X