• Sabtu, 21 Mei 2022

Mahasiswa Tel-U Buat Alat Inovasi untuk Bantu Jaringan Komunikasi di Daerah Pasca-Bencana

- Rabu, 29 September 2021 | 17:37 WIB
Mahasiswa Tel-U Buat Alat Inovasi untuk Bantu Jaringan Komunikasi di Daerah Pasca-Bencana. (INILAHKORAN/Okky Adiana)
Mahasiswa Tel-U Buat Alat Inovasi untuk Bantu Jaringan Komunikasi di Daerah Pasca-Bencana. (INILAHKORAN/Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Mahasiswa Telkom University (Tel-U) membuat sebuah alat inovasi untuk membantu jaringan komunikasi di daerah pascabencana agar tetap terkoneksi. Alat ini bernama Transceiver Recover Extension (T-REX). Lalu apa yang membuat alat ini mampu menjadi solusi dalam penanganan bencana di daerah yang sulit dijangkau?

Alat ini dikembangkan oleh empat mahasiswa prodi S-1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Telkom University yang beranggotakan Dyan Ahadiansyah, Okzata Recy, Lia Suci Waliani, dan (Alm.) Harnanditya Mahendra.

Kerusakan infrastruktur telekomunikasi dapat merugikan banyak pihak, misalnya tim penyelamat seperti Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang kesulitan berkomunikasi di daerah pasca bencana.

Baca Juga: Uu: Lawan Hoax dengan Bijak Gunakan Alat Komunikasi

"Itu yang melatarbelakangi kami membuat inovasi teknologi untuk pemulihan jaringan telekomunikasi pada daerah pasca bencana dengan menggunakan jaringan komunikasi nirkabel. Selama masa perancangan alat ini, kami mendapat dukungan penuh dalam bentuk fasilitas dan peralatan dari lab. AICOMS," ungkap salah satu anggota T-REX Dyan Ahadiansyah, Rabu 29 September 2021.

Menurut dia, T-REX dapat digunakan sebagai sebuah base station darurat, sehingga dapat membantu komunikasi di daerah pasca bencana saat base station utama (existing) telah hancur atau tidak lagi berfungsi. T-REX memiliki dua fitur utama yaitu sebagai penguat sinyal seluler (repeater) dan sebagai jaringan private cellular.

T-REX dirancang menggunakan software defined radio yang dapat membuat layanan jaringan telekomunikasi sesuai dengan standar 3GPP. T-REX memiliki sistem open registration sehingga semua simcard dari operator apa pun dapat terhubung ke dalam layanan jaringan T-REX selama dalam jangkauan sinyal T-REX.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid, Telkom University Sumbangkan Alat Cuci Tangan Sensorik

Alat ini (T-REX) mulai dibuat saat pengumuman lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sekitar bulan Mei 2021, saat itu proses pengerjaannya dilakukan secara daring dan luring. Kegiatan luring dilakukan di lab. AICOMS Telkom University di bawah bimbingan langsung Khoirul Anwar.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KEREN, Pemkot Bandung Berhasil Quattrick WTP

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:20 WIB

Uji Coba Flyover Kopo, Kapan Resmi Beroperasi?

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:04 WIB
X