• Sabtu, 2 Juli 2022

Sosialisasi Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja, BNNK Bandung Barat Lakukan Upaya Ini

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 23:33 WIB
Workshop Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan pada Jumat, 1 Oktober 2021. (INILAHKORAN/Agus Satia Negara)
Workshop Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan pada Jumat, 1 Oktober 2021. (INILAHKORAN/Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Masalah narkoba merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang mengancam masa depan generasi penerus bangsa, bahkan melumpuhkan kekuatan bangsa.

Pasalnya, penyalahgunaan narkoba berdampak pada penurunan kualitas kesehatan, kualitas pendidikan, kesejahteraan ekonomi, kehidupan sosial dan kualitas lingkungan hidup.

Di samping itu memicu peningkatan kasus pelanggaran hukum berupa peningkatan tindak kejahatan sosial, kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal lainnya.

Baca Juga: Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba, BNNK Bandung Barat Tes Urine 384 ASN

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bandung Barat AKBP M. Yulian mengatakan, permasalahan tersebut menjadi faktor penghambat terwujudnya tujuan pembangunan nasional Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea IV.

"Permasalahan narkoba berdasar hasil penelitian dan juga jumlah klien yang ditangani seksi rehabilitasi didominasi usia produktif di mana umur remaja terindikasi penyalahgunaan narkoba," katanya, usai peringatan Kesaktian Pancasila melaksanakan Workshop Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Pendidikan, Jumat 1 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, upaya nyata yang telah dilakukan BNNK adalah bekerja sama dengan Pemda Bandung Barat dengan sinergi dan kolaborasi program P4GN di tingkat kabupaten, kecamatan sampai desa.

Baca Juga: Lewat Supervisi, Disdik KBB Pastikan Tidak ada Klaster Baru di Tengah Pelaksanaan PTM Terbatas

Sedangkan untuk kerja sama di lingkungan pendidikan, lanjut dia, BNNK Bandung Barat telah menandatangani MoU dengan Perguruan Tinggi.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Swasta Diajak Lebih Berani Berkompetisi

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:21 WIB

PPDB 2022 di KBB, Orang Tua Terpaku pada Zonasi

Kamis, 30 Juni 2022 | 15:11 WIB
X