• Senin, 24 Januari 2022

Banyak Bangunan Peninggalan Belanda, Wacana Wisata Kota Tua di Padalarang Mencuat

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:49 WIB

INILAHKORAN, Ngamprah - Wacana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menjadikan kawasan Padalarang sebagai wisata kota tua memberikan warna baru kepariwisataan di KBB.

Pasalnya, bangunan-bangunan yang berdiri kokoh di kawasan Padalarang memiliki nilai sejarah yang sangat penting dalam torehan sejarah bangsa di era kolonial Belanda.

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Kepurbakalaan pada Disparbud KBB Asep Diki Hidayat mengatakan, wacana ini merupakan usulan atau masukan dari Indonesia Hidden Heritage (IHH) sebuah LSM dari Jakarta yang fokus pada bidang kesejarahan.

"Awalnya mereka tertarik dengan berbagai potensi yang ada di Goa Pawon dan berencana menjadikannya sebagai destinasi prasejarah," katanya, Senin 4 Oktober 2021.

Baca Juga: Jelajah Kopi Kabupaten Bandung, Paket Wisata Baru Menikmati Secangkir Kopi

Ia menjelaskan, tim IHH tidak sengaja melihat PT Kertas Padalarang usai berkunjung ke Goa Pawon dan melihat kawasan Padalarang memiliki potensi untuk menjadi wisata kota tua.

"Saat pulang mereka melewati PN Kertas dan Stasiun Padalarang. Di situ mereka tertarik, termasuk salah satu TACB (tim ahli cagar budaya) yang juga berprofesi sebagai dosen arsitektur di Itenas Bandung," jelasnya.

Rencananya, proyek Padalarang sebagai kota tua akan ditindaklanjuti Itenas Bandung. Itu akan dimulai dengan melakukan pengkajian dan penelitian.

Baca Juga: Hore... Disparbud KBB Beri Dispensasi Wisata Lokal Bisa Buka, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X