• Sabtu, 25 Juni 2022

Bakal Jadi Wisata Kota Tua, Ternyata Ini Sejarah Padalarang di Masa Kolonial Belanda

- Senin, 4 Oktober 2021 | 17:47 WIB
PT Kertas Padalarang (PTKP) didirikan pada tanggal 22 Mei 1922 dengan nama NV Papier Fabriek Padalarang. (collectie.wereldculturen.nl)
PT Kertas Padalarang (PTKP) didirikan pada tanggal 22 Mei 1922 dengan nama NV Papier Fabriek Padalarang. (collectie.wereldculturen.nl)

INILAHKORAN, Ngamprah - Kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, ternyata menyimpan catatan sejarah yang penting bagi arsip nasional.

Pasalnya, berbagai bangunan peninggalan kolonial Belanda menjadi saksi bisu hadirnya sistem pemerintahan kolonial Belanda di Bandung Barat.

Melihat potensi tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat bekerja sama dengan perguruan tinggi bakal menjadikan kawasan Padalarang sebagai destinasi wisata kota tua.

Baca Juga: Banyak Bangunan Peninggalan Belanda, Wacana Wisata Kota Tua di Padalarang Mencuat

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Kepurbakalaan pada Disparbud Bandung Barat, Asep Diki Hidayat mengatakan, berdasarkan analisa dan proyeksi dari LSM Indonesia Hidden Heritage (IHH) Jakarta dan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menilai, kawasan Padalarang bisa menjadi wisata kota tua seperti yang ada di Jakarta dan Semarang.

"Mereka menyebut ini bisa menjadi potensi wisata kota tua. Hanya memang perlu kolaborasi dari berbagai pihak, yakni dengan konsep pentahelix," kata Asep Diki Hidayat pada Senin, 4 Oktober 2021.

Asep Diki Hidayat menerangkan, di masa kolonial Belanda kawasan Padalarang merupakan hunian bagi para pejabat kolonial di masa itu, bahkan Padalarang juga kala itu disebut kota satelit.

Baca Juga: Menyedihkan, Angkutan Delman Tagog Padalarang Nasibmu Kini....

"Hal itu lantaran Padalarang ini dijadikan daerah penunjang pusat pemerintahan Hindia Belanda, yakni Kota Bandung," terangnya.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ade Yasin Segera Jalani Sidang

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:14 WIB

Ema Sumarna Ungkap Rahasia Sukses Pejabat

Jumat, 24 Juni 2022 | 13:01 WIB
X