• Kamis, 27 Januari 2022

Forum Bandung Sehat Dukung Uji Coba Deteksi Dini Thalasemia

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:39 WIB
Ketua Forum Bandung Sehat Siti Muntamah mendukung uji coba deteksi dini thalasemia di Kota Bandung. (istimewa)
Ketua Forum Bandung Sehat Siti Muntamah mendukung uji coba deteksi dini thalasemia di Kota Bandung. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Ketua Forum Bandung Sehat Siti Muntamah mendukung uji coba deteksi dini thalasemia di Kota Bandung. Diawali di UPT Puskesmas Garuda, nantinya kegiatan ini dilakukan 13 Puskesmas lainnya di Kota Bandung selama Oktober 2021.

Program tersebut merupakan hasil kolaborasi Kementerian Kesehatan, Pemprov Jabar, dan Pemkot Bandung dalam rangka mencegah kelahiran dengan thalasemia baru atau zero Kelahiran thalasemia.

Siti mengaku akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait pencegahan kelahiran thalasemia ini. Dirinya juga mendorong Pemkot Bandung memiliki peraturan atau kebijakan secara yuridis disampaikan ke masyarakat terkait hal tersebut.

Baca Juga: Cegah Thalasemia, Kota Bandung Uji Coba Deteksi Dini di Puskesmas

"Secara yuridis disampaikan kepada masyarakat bahwa pernikahan pembawa sifat thalasemia ini sangat membahayakan untuk keturunan yang akan datang," kata Siti di Puskesmas Garuda, Selasa 5 Oktober 2021.

Menurutnya, dengan kelahiran thalasemia yang baru, otomatis ada beberapa pihak yang harus membantu survive kehidupannya. Seperti penyumbang darah, psikologi keluarganya, hingga anggaran untuk pengobatan yang sepanjang hidupnya.

"Tak hanya itu, artinya resource-resource, beberapa potensi tersedot ke sana, yang harusnya untuk mengembangkan potensi, produktivitas, kualitas akhirnya tersedot," ucapnya.

Baca Juga: Viral! Pengendara Motor Berjoget dan Duduk di Atas Karung di Padalarang, Polisi: Identitasnya Sedang Kami Cari

Lantaran itu, Forum Bandung Sehat berencana mengadakan forum discussion group (FGD) terkait hal tersebut. Sebab, dalam visi Kota Bandung ada yang namanya unggul untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keren! Darul Hikam Kini Punya Sekolah Non Boarding

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:45 WIB

Yayasan Darul Hikam Resmikan SMA Non Boarding

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:15 WIB

Foto: Program Penanaman Pohon Produktif BJB

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:47 WIB
X