• Kamis, 9 Desember 2021

Tak Pernah Hadiri Rapat, Plt Bupati KBB Hengky Kurniawan Dituding Langgar UU LKS Tripartit

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 18:37 WIB
Sekretaris FSPMI DPW Jabar Dede Rahmat  (Agus Satia Negara)
Sekretaris FSPMI DPW Jabar Dede Rahmat (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN,Ngamprah - Serikat Buruh Kabupaten Bandung Barat menilai Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Bandung Barat terindikasi melanggar aturan Undang-Undang.

Pasalnya, sejak menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan belum pernah hadir di dalam rapat LKS Tripartit.

LKS Tripartit merupakan forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari unsur Pemerintah, organisasi pengusaha, dan serikat pekerja/serikat buruh.

Sekretaris FSPMI DPW Jabar, Dede Rahmat mengatakan, LKS Tripartit itu diatur oleh Undang-Undang yang bertugas memberikan saran dan pendapat terhadap kepala pemerintah untuk menjaga kondusifitas wilayah.

Sementara dalam perjalanannya, rapat yang digelar Dewan Pengupahan seringkali tidak dihadiri oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Baca Juga: Wuih, Mantap! Selesai Penataan, Sungai Cipamokolan Tampak Lebih Bersih dan Nyaman

"Nah ini juga kan perlu ketegasan dari kepala pemerintah ketika terus-terusan tidak hadir seperti apa langkah yang harus diperbuat," katanya, Selasa 5 Oktober 2021.

"Karena baik LKS Tripartit atau Dewan Pengupahan itu amanat undang-undang bukan pemberian kepala daerah," sambungnya.

Ia menyebut, hal itu merupakan amanat Undang-Undang yang tidak dijalankan. Artinya, ketika salah satu pihak yang tidak menjalankan kewajibannya.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X