• Kamis, 28 Oktober 2021

Antisipasi Tsunami 'Raksasa' di Selatan Jawa, BMKG Buat Inovasi EWS dan SIRITA

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:19 WIB

INILAHKORAN, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuat inovasi untuk mengantisipasi dan menghadapi potensi tsunami di wilayah selatan Jawa.

Dikutip dari laman BMKG, Rabu 6 Oktober 2021, inovasi tersebut antara lain EWS Radio Broadcaster dan aplikasi SIRITA (Sirens for Rapid Information on Tsunami Alert) di Cilacap.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, peluncuran inovasi tersebut sebagai upaya BMKG terhadap aktivitas kegempaan yang terjadi di Tanah Air.

Baca Juga: Tsunami Berpotensi Terjadi di Pacitan, BMKG Imbau Warga Siap-siap untuk Skenario Terburuk

Dwikorita kembali mengatakan, EWS Radio Broadcaster adalah moda diseminasi berbasis suara guna mengantisipasi kerusakan jaringan komunikasi selular pasca gempa merusak.

Sistem ini memanfaatkan jaringan komunikasi berbasis radio yang banyak digunakan oleh pegiat kebencanaan dan komunitas radio berbasis masyarakat.

Misalnya, RAPI dan ORARI sebagai hub untuk menyebarkan informasi secara cepat, akurat, serta ramah terhadap kelompok masyarakat rentan yang memiliki keterbatasan menelaah pesan berbasis teks.

Baca Juga: BMKG: Alat Monitor Gempa dan Tsunami Beroperasi Baik

Sementara itu, SIRITA yaitu aplikasi sirine tsunami berbasis android yang dibikin untuk memudahkan pemerintah daerah menyampaikan pemberitahuan kepada masyarakat sebagai bentuk peringatan dini.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pembuatan Mural di Bawah Jembatan Pasupati

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Foto: Rencana Wajib Tes PCR di Semua Moda Transportasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:46 WIB
X