• Sabtu, 27 November 2021

Kadisdagin: Kehadiran Pasar Kreatif Bantu Geliatkan Ekonomi

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 13:08 WIB
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah. (INILAHKORAN/Yogo Triastopo)
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah. (INILAHKORAN/Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung - Setelah hadir di Paskal Shopping Center pada beberapa waktu lalu, kehadiran pasar kreatif di Paris Van Java (PVJ) mendapat respons positif dari masyarakat Kota Bandung.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, pasar kreatif di titik kedua tersebut berhasil meraih omset dengan total mencapai Rp880 juta rupiah.

"Selama 10 hari penyelenggaraan, kurang lebih Rp 880 juta bahkan hampir menyentuh Rp900 juta. Tentunya hal ini memberikan semangat kepada pelaku UMKM, bahwa geliat ekonomi sudah mulai nampak," kata Elly, Kamis 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Berisiko Tinggi, Taman Lalu Lintas Kota Bandung Belum Diizinkan Beroperasi

Menurutnya, kesuksesan pasar kreatif di PVJ Kota Bandung tidak terlepas adanya kebijakan dari pemerintah yang telah mengizinkan anak usia 12 tahun untuk kembali berkunjung ke pusat perbelanjaan.

"Omset pasar kreatif di Paskal hanya mencapai Rp 740 juta. Karena pada waktu itu, pemerintah belum mengizinkan anak usia 12 tahun. Dan saat usia 12 tahun diizinkan, ternyata mampu meningkatkan pengunjung secara signifikan," ucapnya.

Elly menambahkan, gelaran pasar kreatif di Kota Bandung adalah salah satu upaya pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ternyata Inilah Kunci Sukses di Kota Bandung Dalam Percepatan Vaksinasi

"Tujuannya pemulihan ekonomi. Pelaku UMKM kita coba permudah. Mulai dari perizinan, distribusi dan lain-lain. Kita beri akses semudah-mudahnya agar pelaku UMKM terus tumbuh dan dapat bersaing. Maka kita berencana pasar kreatif hadir di sembilan titik," ujar dia.***(Yogo Triastopo)

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB
X