• Minggu, 5 Desember 2021

DPRD Kota Bandung Minta Pemkot Integrasikan Data dan Informasi Penanganan Covid-19

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 22:11 WIB
kantor DPRD Kota Bandung (Okky Adiana)
kantor DPRD Kota Bandung (Okky Adiana)

INILAH, Bandung – Panitia Khusus (Pansus) 5 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung meminta Pemerintah Kota (Pemkot) mengintegrasikan data dan informasi penanganan pandemi, guna kepentingan masyarakat sebagai acuan dalam beraktivitas.

Kala menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Bandung tentang pencegahan, pengendalian Covid-19 dan penyakit menular berpotensi wabah.

Ketua Pansus 5 Agus Andi Setyawan dalam rapat bersama Bappelitbang, Dinas Kesehatan, Diskominfo, Bagian Hukum dan Ketua Forum Paguyuban Camat mengatakan, Raperda Bab 7 mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan penyebarluasan informasi sangat ditunggu, agar kegiatan masyarakat di lapangan saat pandemi dapat terus berjalan.

Informasi secara real time kata dia, sangat dibutuhkan publik guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Serta bisa ditambahkan juga dengan jadwal vaksinasi massal, sehingga dapat membantu masyarakat untuk mendaftar dalam rangka membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di Kota Bandung.

Baca Juga: DPRD Jabar Bersyukur PT Migas Hulu Jabar Catatkan Hasil Positif

“Penyajian datanya masih belum semua dengan yang ada di lapangan. Terkait semua data Covid-19, belum bisa ditampilkan. Juga terkait jadwal vaksinasi massal. Ini sangat bisa bermanfat nantinya sebagai acuan masyarakat dalam beraktivitas,” ujar Agus dalam rapat secara teleconference, di Ruang Badan Musyawarah DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Jumat (8/10/2021) lalu.

Anggota Pansus 5 susi Sulastri menambahkan, media aplikasi Pusikom yang sudah dibuat akan lebih baik jika datanya terintegrasi dengan SKPD terkait. Sehingga aplikasi tersebut dapat berfungsi maksimal, bagi masyarakat Kota Bandung. Semua kebutuhan data yang diperlukan oleh umum terkait pandemi kata dia, dapat terpenuhi dengan baik.

“Misal Semarang, manajemen data sudah ter-link datanya. Laporan rumah sakit, kerumunan, Polres, pelayanan kesehatan. Sehingga bisa langsung input dan datanya terus update atau real time,” ucapnya.

Baca Juga: Dua Mantan Anggota DPRD Kota Bandung Dieksekusi KPK ke Lapas Sukamiskin

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB
X