• Jumat, 21 Januari 2022

Heboh Temuan Tulang Belulang Diduga Fosil Hewan Purba di Cipongkor, Peneliti pun Gerak Cepat Lakukan Ini

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:29 WIB
Penemuan tulang belulang yang diduga fosil hewan purba di Kampung Suramanggala RT 01/ RW01, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor kini tengah diteliti sejumlah ahli. (Agus Satia Negara)
Penemuan tulang belulang yang diduga fosil hewan purba di Kampung Suramanggala RT 01/ RW01, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor kini tengah diteliti sejumlah ahli. (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Penemuan tulang belulang yang diduga fosil hewan purba di Kampung Suramanggala RT 01/ RW01, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor kini tengah diteliti sejumlah ahli.

Para peneliti paleontolog dari ITB dan UI telah melakukan pengambilan sampel beberapa tulang belulang yang ditemukan di lokasi berdasarkan informasi dari masyarakat setempat.

Paleontolog ITB, Mika Rizki Puspaningrum menuturkan, berdasarkan temuan sementara di lokasi pihaknya menemukan belasan tulang dari tiga jenis binatang vertebrata (bertulang belakang).

"Kita tadi menemukan belasan tulang dari keluarga sapi, rusa dan ada satu tulang dari seekor gajah," katanya saat ditemui di lokasi, Minggu 10 Oktober 2021.

Ia menyebut, lokasi tersebut kemungkinan besar merupakan area sungai maupun cekungan. Pasalnya, hal itu berdasarkan pengamatan di lokasi temuan fosil yang diduga berusia ribuan tahun.

Baca Juga: TRAGIS..18 KK Warga Kampung Kawah Cibuni Terancam Tersingkir dari Kampung Halamannya

"Mungkin mereka (fosil) bisa saja mati di tepian sungai setelah terurai terbawa sungai. Bahkan bisa saja area ini dulunya hutan dan ada sungainya juga," sebutnya.

Ia menerangkan, berdasarkan temuan fosil di lokasi ukuran hewan tersebut berukuran tidak jauh dari yang sekarang seperti tulang kaki, punggung, gigi dan yang lainnya.

"Kelihatannya tidak berbeda jauh ukurannya dengan yang sekarang," terangnya.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arteria Dahlan Dilaporkan, Begini Langkah Awal Polisi

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:53 WIB

Kemis Nyunda, Cara Kota Bandung Lestarikan Bahasa Ibu

Kamis, 20 Januari 2022 | 23:25 WIB

Yana Mulyana Minta Warga Waspada Omicron

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:30 WIB
X