• Senin, 4 Juli 2022

Oknum Warga Getok Tarif Parkir Rp150 Ribu, Kadisparbud Jabar Waswas Objek Wisata Sepi Kunjungan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:48 WIB
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik.  (InilahKoran/Istimewa)
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik. (InilahKoran/Istimewa)

INILAHKORAN, Bandung- Aksi getok parkir Rp150 Ribu yang dilakukan oknum warga di Lembang mengundang reaksi keras dari berbagai pihak. Kadisparbud Jabar Dedi Taufik pun angkat bicara.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi getok tarif parkir yang dilakukan KA (29), MJ (23), dan YC (41) itu viral di media sosial. Dalam keterangannya, rombongan wisatawan asal Lamongan yang baru selesai berwisata diminta membayar parkir bus seharga Rp150 ribu.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @infobdgbaratcimahi memperlihatkan suasana jalan di kawasan Lembang. Selain itu terlihat juga oknum warga yang diduga melakukan getok tarif parkir kepada wisatawan.

Baca Juga: Video Viral Pungli di Farmhouse Lembang Bikin Gerah, Dishub Bakal Panggil Pemdes Setempat

Dalam unggahan tersebut terdengar suara seorang pria yang merekam video. Dia menjelaskan soal tarif parkir yang dibebankan.

"Ok guys izin melaporkan masih ada beberapa parkiran di kawasan Farmhouse Lembang dengan tarif Rp150 ribu, nah yah. Nah ya yang mau daerah sini di bawah Farmhouse. Thank you," kata pria dalam video tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Dedi Taufik menilai aksi tersebut bisa memberikan kesan negatif kepada wisatawan, khususnya yang berasal dari luar daerah. Buntutnya, geliat wisata dan ekonomi di daerah tujuan pariwisata bisa berkurang.

Baca Juga: Mantap, SMAN 18 Kota Bandung Deklarasikan Sekolah Anti Perundungan

"Jika pengalamannya negatif, maka kunjungan juga bisa berkurang. Ini harus kita antisipasi bersama, karena pariwisata ini akan merupakan salah satu sektor yang penting untuk kebangkitan ekonomi di masa pandemi COVID-19," ujar Dedi saat dihubungi Inilah Koran.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X