• Minggu, 5 Desember 2021

Ini Syarat Transgender di Kota Bandung Bisa Miliki KTP

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:17 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Tatang Muhtar menjelaskan terkait persyaratan pengurusan KTP bagi transgender dan pernikahan siri (Yogo Triastopo)
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Tatang Muhtar menjelaskan terkait persyaratan pengurusan KTP bagi transgender dan pernikahan siri (Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung,-Bentuk pemenuhan terhadap hak dasar seluruh warga negara, Kota Bandung kini memastikan melayani pembuatan KTP bagi warga transgender. Inilah beberapa persyaratannya.

Kabar bahagia datang bagi transgender di Kota Bandung. Pemkot Bandung memastikan kalangan transgender kini dapat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dibawa saat mengurusinya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Bandung, Tatang Muhtar mengungkapkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung kini melayani pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik bagi transgender.

"Kalau dia transgender, laki-laki menjadi perempuan, bisa kita ubah statusnya. Tetapi dengan catatan, dia ke pengadilan ada putusan pengadilan," kata Tatang Muhtar, Selasa, 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Di Garut, Masih Ada 10 Ribu Anak Stunting yang Tersebar di 42 Kecamatan

Tatang Muhtar mengungkapkan, selama ini Disdukcapil Kota Bandung mencatat dokumen kependudukan dengan dua jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan. Sedangkan bagi transgender harus disertai bukti pengadilan negeri.

"Selama saya menjabat Kadisdukcapil, belum menerima laporan tentang pengajuan KTP elektronik transgender. Untuk pendaftaran, prinsip adminstrasi kependudukannya tidak ada perlakuan khusus," ucapnya.

Tak hanya seputar KTP warga transgender, Tatang juga memastikan mereka yang menikah siri kini dapat dibuatkan Kartu Keluarga.

Menurut Tatang Muhtar, terkait pernikahan siri, sekarang bisa dibuatkan kartu keluarga. Namun di kolom kartu keluarga akan disebutkan status pernikahannya tidak tercatat. Sementara menikah di kantor KUA akan tercatat.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB
X