• Kamis, 21 Oktober 2021

Merinding! Mitos di Balik Makam Keramat Pasarean, Eyang Jaga Raksa Penjaga Tempat Berkumpul Raja Terdahulu

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:29 WIB
Makam keramat di Bandung Barat (INILAH/Agus Setia Negara)
Makam keramat di Bandung Barat (INILAH/Agus Setia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Bagi warga Bandung Barat mungkin masih terasa asing jika mendengar Makam Keramat Eyang Bitung Wulung atau lebih dikenal dengan sebutan Eyang Jaga Raksa.

Makam yang berlokasi di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Makam Keramat Eyang Jaga Raksa ternyata banyak dikunjungi para peziarah dari berbagai wilayah Jawa Barat.

Ketua Pokdarwis Paris Land, A Arifin mengatakan, bangunan makam tersebut juga lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Pasarean.

Menurutnya, Pasarean merupakan tempat perkumpulan para petinggi di zaman kerajaan, termasuk para syekh dan wali yang menyebarkan agama Islam.

"Jadi itu tempat ngumpul atau tempat peristirahatan para tokoh dahulu kala," katanya belum lama ini.

Baca Juga: Ada Fosil di KBB, Hengky Kurniawan Ingin Lokasi Penemuan Jadi Destinasi Wisata

Arifin menuturkan, di Pasarean ada salah satu makam yang dikenal dengan nama Eyang Bitung Wulung. Seorang tokoh yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai penjaga tempat di mana para petinggi kerajaan berkumpul.

"Nggak hanya itu, saat para wali dan ulama yang menyebarkan agama Islam pun Eyang Bitung Wulung juga menjadi penjaga Pasarean tersebut," tuturnya.

Berdasarkan keterangan kasepuhan setempat, kata dia, Presiden RI pertama Soekarno juga pernah mendatangi makam tersebut.

Halaman:

Editor: Zulfirman

Artikel Terkait

Terkini

Apresiasi untuk Mereka yang Bersedia Divaksin

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:31 WIB
X