• Rabu, 20 Oktober 2021

Tingkatkan Pengalaman, Mahasiswa UPI Ikuti Program Magang Bersertifikat Kemdikbudristek

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:12 WIB
 (istimewa)
(istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil meraih prestasi sebagai peserta pogram magang bersertifikat yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program magang bersertifikat merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk magang dalam rangka meningkatkan pengalaman dan kompetensi kerja mahasiswa di dunia industri dan profesi nyata agar memiliki kesiapan dalam bekerja.

Kepala Badan Bimbingan dan Konseling dan Pengembangan Karir UPI Yusi Riksa Yustiana menjelaskan, UPI menugaskan Badan Bimbingan dan Konseling dan Pengembangan Karir (BKPK) sebagai tim kelompok kerja untuk mengkoordinasikan program magang sesuai dengan tugas, fungsi dan peranya dalam penyelenggaraan bidang bimbingan, konseling, testing, tracer study, employee study, hubungan alumni, dan pengembangan karir.

Baca Juga: Hebat, Mahasiswa UPI Raih Prestasi Program Indonesian International Student Mobility Awards

"BKPK bekerja keras dalam melakukan proses sosialisasi, monitoring terhadap rangkaian kegiatan seleksi, melakukan komunikasi yang terjalin diantara tim kelompok kerja program. Setelah hasil seleksi diterima, dilanjutkan koordinasi dengan pimpinan program studi. Selanjutnya Kemendikbudristek memfasilitasi komunikasi antara perusahaan dengan program studi terkait dengan pelaksanaan program," papar Yusi Riksa Yustiana, Rabu 13 Oktober 2021.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa manfaat program magang ini bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman. Selain itu menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa. Program ini menjadi cara memberikan kesempatan dan peluang bagi mahasiswa agar cepat bekerja.

"Di luar pengakuan formal, para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berharga dalam situasi kerja. Bagi BKPK, program ini memberikan manfaat dalam mendukung ketercapaian ikatan kinerja utama pada aspek mahasiswa bekerja 6 bulan setelah lulus. Sedangkan bagi dunia industri program ini menjadi referensi dalam penguatan tata kelola manajemen perusahaan," ucapnya.

Baca Juga: UPI Lakukan Revitalisasi Museum Pendidikan Nasional, Rektor: Ini Bagian dari Pengembangan

Yusi Riksa Yustiana, mengahrapkan adanya penguatan program magang dari sisi mahasiswa agar mahasiswa sebagai wahana untuk pembanguan diri mahasiswa. Bekerja diperusahaan bukan langsung menjadi seorang pimpinan dab bekerja dengan nyaman, akan tetapi magang ini untuk pembentukan mental dan life skill working. Saat ini mahasiswa berkutat dengan buku. Tetapi dalam pekerjaan sekarang berkaitan dengan berbagai aktivitas pekerjaan yang membantu mahasiswa untuk beradaptasi dalam bekerja.

Sedangkan penguatan program dari sisi kelembagaan melalui dosen pembimbing akademik dengan mengenali passion, minat dan bakat mahasiswa serta memperkuat komunikasi dalam setiap pemilihan untuk penguatan kompetensi mahasiswa.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apresiasi untuk Mereka yang Bersedia Divaksin

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:31 WIB
X