• Kamis, 28 Oktober 2021

Pandemi Membuat Kualitas Pendidikan Menurun

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:12 WIB
Kepala SMP PGII 1 Kota Bandung Irwan Andriawan (okky adiana)
Kepala SMP PGII 1 Kota Bandung Irwan Andriawan (okky adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun lamanya membuat kualitas pendidikan terjadi penurunan.

Siswa ikut pembelajaran daring dikhawatirkan bakal terjadi learning loss atau istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik. Atau terjadinya kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu.

Melihat hal tersebut, Kepala SMP Persatuan Guru Islam Indonesia (PGII) 1 Kota Bandung Irwan Andriawan mengatakan semua sekolah dipaksa harus melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Metode tersebut dinilai kurang optimal, lantaran siswa dengan guru tak bisa tatap muka di sekolah secara langsung.

Baca Juga: Siap Laksanakan PTM Terbatas, 98 Persen Siswa-siswi SMAN 15 Bandung Sudah Divaksin

"Sementara di sisi lain, siswa membutuhkan pengawasan langsung dari sang guru," kata Irwan Andriawan saat ditemui di sekolahnya, Rabu 13 Oktober 2021.

Menurut dia, materi-materi yang diberikan kepada siswa menggunakan kurikulum darurat. Di mana, metode tersebut menyebabkan siswa dan guru tak bisa bertatap muka langsung di sekolah. Sehingga pengawasan guru pun terhadap siswa kurang optimal.

"Memang metode kurikurim darurat itu merupakan instruksi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung yang harus diterapkan sekolah-sekolah selama pandemi," ucapnya.

Selain itu, yang menjadi persoalan krusial selama pendemi ini mengenai pendidikan karakter bagi siswa. Apalagi, SMP PGII Kota Bandung merupakan sekolah bernuansa Islami yang lebih menekankan pada pendidikan karakter bagi siswa.

Baca Juga: PTM Terbatas di Sekolah Pasundan, Siswa: Sangat Senang Bisa Belajar dengan Teman-teman

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pembuatan Mural di Bawah Jembatan Pasupati

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Foto: Rencana Wajib Tes PCR di Semua Moda Transportasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:46 WIB
X