• Rabu, 20 Oktober 2021

DPRD Kota Bandung Optimistis Buruan SAE Wujudkan Masyarakat Mandiri Pangan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:44 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan (net)
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan (net)

INILAHKORAN, Bandung – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung Tedy Rusmawan optimistis, masyarakat Kota Bandung dapat mandiri pangan melalui program Buruan SAE (Pekarangan Sehat, Alami, Ekonomis) yang dicetuskan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan).

Asalkan, kata dia, program urban farming terintegrasi yang merupakan turunan dari program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) tersebut, selalu mendapat pendampingan dan sosialisasi terpadu terhadap masyarakat Kota Bandung.

Baca Juga: Manfaatkan Lahan Tidak Produktif, Buruan SAE Kota Bandung Dilirik Dunia Internasional

"Jika ini disosialisasikan terus akan bagus, dari kewilayahan dan juga dari Pemerintah Kota Bandung, Dispangtan dan juga dengan pendampingan harus kuat. Misal adanya pelatihan dan lain-lain," ujar Tedy dalam acara Rangkaian Aksi Pangan Lestari, di Buruan Sae PL2, Komplek De Marrakesh, Kamis 14 Oktober 2021.

Apalagi didukung dengan inovasi, kata Tedy, akan semakin menimbulkan daya tarik bagi masyarakat. Terlebih berpotensi meningkatkan perekonomian, di tengah kondisi pandemi Covid-19 pada saat ini. Pemilihan produk yang tepat, berikut dengan pelatihan khususnya dalam pengemasan, bakal mendongkrak peluang bagi masyarakat untuk menambah penghasilan mereka.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Puji Buruan SAE Kota Bandung

“Ada pelatihan, packaging dan lain-lain. Dikemas secara menarik dengan harga jual lebih menarik juga. Selain itu, pemilihan produk juga tidak yang sulit. Misal lele, dengan daya tahan panjang dan pakannya juga tidak terlalu ribet. Tempat jualnya bekerjasama dengan sentra disini, para pendukung, Telkom dan lain-lain. Mulai menampung dari yang punya produk hidroponik. Juga bekerjasama dengan sentra-sentra ikan di Cibiru,” ucapnya.***(yuliantono)

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apresiasi untuk Mereka yang Bersedia Divaksin

Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:31 WIB
X