• Kamis, 28 Oktober 2021

Bikin Haru dan Bangga, Meski Berkebutuhan Khusus , Para Siswa SLB Asih Manunggal Bandun Tetap Berprestasi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:04 WIB
Seorang siswa SLB C Asih Manunggal YPLB sedang menggambar. Kendati berkebutuhan khusus, para siswa SLB C Asih Manunggal dapat berprestasi di tingkat Provinsi. (Okky Adiana)
Seorang siswa SLB C Asih Manunggal YPLB sedang menggambar. Kendati berkebutuhan khusus, para siswa SLB C Asih Manunggal dapat berprestasi di tingkat Provinsi. (Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung,- Bikin haru sekaligus bangga, anak-anak Sekolah Luar Biasa (SLB) C Asih Manunggal Yayasan Pendidikan Luar Biasa (YPLB) ternyata banyak meraih prestasi.

Anak-anak didik SLB C Asih Manunggal YPLB ternyata pernah menjadi Juara 3 Lomba Bocce pada kegiatan 02SN Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dismaping itu, anak-anak SLB C Asih Manunggal juga piawai dalam sejumlah mata pelajaran yang dikembangkan pihak sekolah seperti ketrampilan kriya kayu, kriya kain, pemanfaatan barang bekas hingga memainkan jembe, angklung, serta seni rupa dan gambar.

Reni Gusnaeni, Guru SLB C Asih Manunggal YPLB mengungkapkan, SLB C memang ditujukan untuk anak-anak tuna grahita atau individu dengan intelegensi di bawah rata-rata.

Baca Juga: Relokasi Rumah Warga Terdampak Longsor Rumpin Hampir Tuntas, PT BSM Proses Merelokasi Jalan Desa Cipinang

Disaming itu mereka juga tidak memiliki kemampuan adaptasi, sehingga mereka mendapat pembelajaran tentang bina diri dan sosialisasi, karena cenderung menarik diri dari lingkungan dan pergaulan.

Menurut Reni Gusnaeni, selama ini ada beberapa bidang pembelajaran yang dikembangkan di SLB C Asih Manunggal seperti keterampilan kriya kayu, kriya kain, serta pemanfaatan barang bekas.

Para peserta didik di SLB C Asih Manunggal, lanjut Reni juga diajari kesenian seperti memainkan jembe (perkusi), angkulng, tari tradisional dan tari modern. Termasuk juga seni rupa berupa menggambar dan mewarnai.

Baca Juga: Perusahaan Rintisan eFishery Permanenkan Sistem Kerja Tanpa Harus ke Kantor

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pembuatan Mural di Bawah Jembatan Pasupati

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:53 WIB

Foto: Rencana Wajib Tes PCR di Semua Moda Transportasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:46 WIB
X