• Selasa, 30 November 2021

Tahap Pertama, 44 Sekolah SD di Kota Bandung Lakukan Tes Usap

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:20 WIB
Tes usap pelajar di Kota Bandung (INLAH/Yogo Triastopo)
Tes usap pelajar di Kota Bandung (INLAH/Yogo Triastopo)
 
INILAHKORAN, Bandung - Uji usap PCR bagi siswa dan guru mulai dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dalam tahap pertama, tes tersebut diberikan untuk semua jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat. 
 
"Dilaksanakan bertahap sampai akhir bulan. Nanti akan kita laksanakan di setiap bulannya," kata Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Disdik Kota Bandung Risman Al Isnaeni pada Jumat 15 Oktober 2021.
 
Dikemukakan dia, dari total sekolah kurang lebih 2.000 yang menggelar PTM terbatas di Kota Bandung diambil 10 persen untuk dilakukan uji usap. Pada tahap pertama, sebanyak 44 SD akan menggelar uji usap dari total 400.
 
"Sedangkan SMP sebanyak 23 sekolah dengan masing-masing sekolah 30 siswa dan tiga guru," ucapnya. 
 
Menurutnya, apabila ditemukan kasus positif Covid-19 dari angka 0 hingga 0,1 persen, maka tindakan yang dilakukan Disdik Kota Bandung adalah trasing dan melakukan isolasi mandiri. 
 
 
Sementara jika hasilnya di angka 0 hingga 3 persen, maka kelas yang bersangkutan akan dihentikan sementara. Namun apabila diatas lima persen, maka PTM di sekolah tersebut dihentikan. 
 
"Jika di atas lima persen yang dinyatakan positif, maka untuk PTMTnya mungkin akan diberhentikan dulu antara 10 sampai 15 hari. Oleh itu dilakukan evaluasi dan sudah sehat kembali akan dibuka kembali PTMT nya," ujar dia. 
 
Risman menambahkan, total sekolah yang akan melaksanakan uji usap kurang lebih sebanyak 200 sekolah dari 2.000 sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). 
 
"Kalau menunggu hasil swab itu 1x24 jam sejak hasil swabnya diterima oleh lab. Nanti hasilnya akan diinformasikan melalui Dinkes, diteruskan ke Disdik dan diteruskan sekolah dan orang tua," tandasnya. *** (Yogo Triastopo) 

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB
X