• Minggu, 29 Mei 2022

SLBN Cicendo Kota Bandung jadi Salah Satu Penggerak Merdeka Belajar

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 13:51 WIB
Kepala SLBN Cicendo Bandung Wawan (okky adiana)
Kepala SLBN Cicendo Bandung Wawan (okky adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Cicendo Kota Bandung menjadi salah satu sekolah penggerak merdeka belajar di Jawa Barat.

Hal ini sesuai dengan kebijakan Kemendikbud dan Dinas Pendidikan Jawa Barat. Pihak sekolah akan mengimplemtasikan kurikulum Merdeka Belajar.

Kepala SLBN Cicendo Bandung Wawan mengatakan, kurikulum merdeka belajar di SLB sebenarnya sudah dilakukan beberapa tahun kebelakang sebelum peluncuran kurikulum merdeka belajar.

Baca Juga: SLBN Cicendo Kota Bandung Hanya 30 Persen Siswa Laksanakan PTM Terbatas

Prinsip kurikulum merdeka belajar adalah berpusat kepada peserta didik, artinya seluruh program sekolah harus berorientasi kepada kepada peserta didik. Ketika berbicara pada kontek peserta didik, proses yang akan dilakukan oleh guru diawali dengan assesmen. Assemen ini sebenarnya di SLB sudah dilakukan.

Selain itu, prinsip sekolah yang aman, ramah, termasuk jauh dari perundungan, sebetulnya di SLBN Cicendo Kota Bandung sangat familiar. Jadi, bagi SLB secara substantif dari kurikulum merdeka belajar sebenarnya sudah dilakukan terhadap pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

"Platform merdeka belajar khusus di SLBN Cicendo Kota Bandung khususnya anak-anak tuna rungu, pihak sekolah menggunakan aplikasi telekonferensi yang ada. Saya pikir dengan aplikasi telekonferensi yang ada, itu tidak menjadi masalah, yang paling penting mereka bisa memahami, bisa berinteraksi dan bisa berkomunikasi, hanya bapak atau ibu gurunya sudah dibekali dengan komunikasi bahasa isyarat," papar Wawan, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: SLBN Cicendo Kota Bandung Termasuk Bangunan Cagar Budaya

Wawan mengatakan, salah satu yang harus dilakukan oleh pihak sekolah terkait merdeka belajar, harus menggunakan pembelajaran campuran (blanded learning). Ketika jumlah siswanya memang penuh, guru akan mengupayakan konteks merdeka belajarnya dengan blanded learning, sebagian di sekolah dan sebagian lagi di rumah.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FKP2B Gelar Halal Bi Halal, Ini Kata Presidium

Sabtu, 28 Mei 2022 | 13:33 WIB

Segera Potong Kabel Ilegal di Kota Bandung

Jumat, 27 Mei 2022 | 20:40 WIB
X