• Sabtu, 22 Januari 2022

Belasan Guru dan Siswa di Bandung Terpapar Covid-19, Ini Desakan FAGI Jabar untuk Walikota

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:12 WIB
Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan. (INILAHKORAN/Okky Adiana)
Ketua FAGI Jabar Iwan Hermawan. (INILAHKORAN/Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Sejumlah siswa-siswi dan guru dinyatakan positif Covid-19. Hal ini dilakukan setelah menjalani tes PCR acak, Jumat 15 Oktober 2021.

Melihat hal tersebut, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan angkat bicara. Menurut dia, siswa yang terkonfirmasi positif harus segera ditangani dan dinas terkait diminta agar segera bertindak melakukan tracing (pelacakan), apalagi jika siswa tersebut tanpa gejala (OTG) sehingga bisa menularkan.

"Kalau memang PCR nya dilaksannan di sekolah dan siswa-siswi sudah berinteraksi dengan teman-teman dilingkungan sekolah. Sekolah ditutup dulu selama 14 hari," ujar Iwan Hermawan, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Eskul di SLBN A Pajajaran Bandung Pernah Meraih Prestasi Membanggakan

FAGI Jabar mendesak Walikota Bandung untuk berhentikan PTM terbatas di sekolah yang terdapat Covid-19. Sesuai dengan somasi yang dilakukan FAGI Jabar kepada Presiden dan Mendagri, Mendikbud dan Menkes, jika PTM terbatas terjadi Covid-19, maka sekolah harus diberhentikan dulu selama 14 hari, hal ini untuk menghindari penularan lebih luas lagi.

"Kalau seandainya sekolah melaksanakan PTM terbatas, itu risiko dan akan terpapar lebih banyak. Saya kira hak hidup, hak keselematan, hak kesehatan itu hak utama. Hak pendidikan yang kedua," papar Iwan Hermawan.

Baca Juga: Pengedar Sabu Asal Cina Diciduk Polres Bogor

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani mengatakan, telah melakukan pengambilan spesimen terhadap siswa dan guru sebanyak 1.512. 

"Hasilnya dari 348, ada yang positif 14 orang. Ini tersebar di beberapa sekolah. Satu sekolah ada satu orang, dua orang, ada tiga orang enggak ada yang tertumpuk, guru dan murid," kata Rosye. (Okky Adiana)

 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Bandung Gencarkan Penyemprotan Anti DBD

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:49 WIB

Dinsos Kota Bandung Akui Sulit Vaksinasi Anjal

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:47 WIB

Warga Lembang Dihebohkan Dengan Penemuan Mortir

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:50 WIB
X