• Minggu, 5 Desember 2021

PLKP UM Bandung dan Lembaga Pendidikan Mutiara Embun Pagi Gelar Asesmen Potensi Anak

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:24 WIB
 (istimewa)
(istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Pusat Layanan Konsultasi Psikologi (PLKP) Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung bekerja sama dengan TK dan SD Mutiara Embun Pagi menggelar asesmen potensi siswa bagi siswa kelas 1, 2, dan 3 serta beberapa siswa TK Mutiara Embun Pagi.

Ketua PLKP UM Bandung Novy Yulianty mengatakan, asesmen ini mengukur potensi siswa yang meliputi kecerdasan, sikap belajar, dan sosio-emosi anak.

Semisal aspek kecerdasan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan dan sikap anak ketika belajar. Kemudian aspek sosio-emosional yang tidak kalah penting sebagai bekal anak-anak dalam kehidupan sehari-hari mereka.

”Semuanya ini nanti, selain juga untuk kerja sama antara PLKP dan (lembaga pendidikan) Mutiara Embun Pagi, tentunya membantu sekolah dalam menggali potensi siswa. Kepada orang tua juga dapat memberikan masukan yang lebih aplikatif dalam mengembangkan potensi anak,” ujar Novy Yulianty, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga: UM Bandung Gelar Perkuliahan 'Hybrid' Pertengahan Oktober 2021

Novy Yulianty mengatakan, dengan difasilitasinya tes potensi anak itu sekolah akan terbantu dalam menggali dan mengembangkan potensi setiap anak.

”Setiap potensi anak nanti akan dipetakan karena pada dasarnya anak-anak itu tidak ada yang bodoh, kurang, malas, dan sebagainya. Justru mereka itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, dari tes ini diharapkan nanti semua itu potensi mereka bisa tergali sesuai dengan kemampuan diri mereka masing-masing,” lanjutnya.

Menanggapi hal yang sama, Kepala Sekolah Mutiara Embun Pagi Diantika Irma Ekawati mengatakan adanya asesmen atau penilaian potensi anak yang diadakan di kampus UMBandung, bisa membantu pihak sekolah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan potensi anak tersebut.

Baca Juga: Jangan Latah Ikut-ikutan Budaya Childfree, Psikolog UM Bandung: Menikah itu Ibadah

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kartu Prakerja Fiktif Cairkan Miliyaran Rupiah

Sabtu, 4 Desember 2021 | 08:54 WIB

Jelang Nataru, Harga Cabai di Bandung Meroket

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:49 WIB
X