• Senin, 29 November 2021

Heboh Banprov Kota Bandung Rp287 M, Sekda Ema Sumarna Jelaskan Begini...

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:04 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. (Yogo Triastopo)
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. (Yogo Triastopo)
INILAHKORAN, Bandung- Bantuan Provinsi Jawa Barat (Banprov Jabar) tahun anggaran 2021 untuk Kota Bandung yang sempat heboh karena nilainya fantastis Rp287 miliar ternyata realisasinya tidak sebesar itu. Pemkot Bandung hanya menerima 40 persen. 
 
"Rincian awal memang Rp287 miliar. Namun faktanya tidak seperti itu hanya 40 persen hingga 45 persen saja. Cuman detailnya rincian keseluruhan saya lupa harus lihat data rinciannya," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat dihubungi Sabtu 23 Oktober 2021.
 
Menurutnya kaitan bantuan keuangan melalui banprov Jabar untuk tahun anggaran 2021 dasarnya adalah usulan yang disampaikan oleh Pemkot Bandung. Memang setiap tahun selalu seperti itu, ada usulan. Hal itu dilakukan karena memang ada kekurangan keuangan di Pemkot Bandung. Kalau pun ada jumlahnya sangat terbatas.
 
 
Sedangkan kebutuhan untuk belanja, menurut Ema Sumarna, penganggaran belanjanya selalu tinggi. "Adapun usulan tersebut sangat beragam," ujarnya.
 
Sekda pun menjelaskan bahwa anggaran untuk urusan pembelajaan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur jalan, drainase dan lain lain harus selalu ada.
 
"Makanya diusulkan seperti itu, adapun realisasi dana bantuan tersebut faktanya jauh berkurang dari informasi awal yang disampaikan oleh pemprov. Dari rencana awal akan sebesar Rp287 miliar, faktanya hanya sekitar 40 persen hingga 45 persen," ujarnya.
 
Ema juga menyebutkan bahwa hal tersebut sudah dijelaskan dan diketahui dari awal pula karena semuanya usulan dari bawah yakni dari SKPD melalui RKPD Online.
 
 
Seperti diketahui bantuan banprov Jabar untuk Kota Bandung sempat ramai dibicarakan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bandung Riana.
 
Politisi Partai Demokrat itu meminta agar aparat penegak hukum (APH) mengawasi alokasi anggaran Banprov Jabar. Riana pun meminta agar APH memperketat pengawalan terkait postur APBD lainnya.***(Ahmad Sayuti)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bandung Musnahkan Puluhan Kilogram Narkotika

Senin, 29 November 2021 | 16:00 WIB

Imbas Long March Buruh, Gerbang Tol Pasteur Ditutup

Senin, 29 November 2021 | 15:34 WIB

Lakukan Cara Ini Jika Mobil Kamu Bebas dari Embun

Sabtu, 27 November 2021 | 13:56 WIB

Satpol PP Kota Bandung Siap Kawal PPKM Level 3

Sabtu, 27 November 2021 | 11:43 WIB
X