• Senin, 29 November 2021

Ademnya Situ Rancabolang di Gununghalu, Wisata Danau Alami yang Rekomended untuk Piknik Keluarga

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:15 WIB
Situ Rancabolang. (Agus Satia Nagara)
Situ Rancabolang. (Agus Satia Nagara)

Ngamprah - Daya tarik wisata di wilayah Gununghalu seakan tak pernah habis untuk dieksplor. Setelah sebelumnya terdapat Curug Cilingga Payung dan Situs Makam Gununghalu.

Di kawasan Gununghalu juga terdapat Situ Rancabolang yang terletak di Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menyuguhkan wisata berupa danau alami, Situ Gununghalu memiliki luas 2.934 m2 dengan kedalaman danau sekitar 8 meter. Tak hanya wisata air, di wilayah Situ Rancabolang para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti piknik, camping, hammocking, fotografi dan memancing.

Baca Juga: Start P15, Begini Strategi Quartararo Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP di Emilia Romagna

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Heri Partomo mengatakan, secara kewilayahan kawasan Situ Rancabolang berada di kawasan lindung di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Bandung Barat.

"Bentang alam kawasan Situ Rancabolang masih berupa perbukitan hutan sehingga danau tersebut dikelilingi oleh pepohonan dan masih sangat alami, kawasan ini cocok untuk wisatawan yang ingin berpiknik dengan latar berupa alam," katanya.

Ia menyebut, rata-rata yang wisatawan yang berkunjung ke Situ Rancabolang yaitu keluarga yang berpiknik dan kelompok pelajar yang camping di sekitar kawasan.

Baca Juga: Curhat Ngenes Cristiano Ronaldo Usai Dikritik Malas Bantu Pertahanan, 'Tugas Saya Cetak Gol'

"Situ Rancabolang berada pada ketinggian 1.239 mdpl maka udara disekitar danaupun masih sangat sejuk," sebutnya.

Menurutnya, visabilitas kawasan sangat bebas karena lokasinya berada di pinggir jalan desa sehingga sangat mudah ditemukan. Kualitas lingkungan disekitar danau terbilang cukup bersih karena belum terdapat banyak sampah yang berserakan.

"Kawasan Situ Rancabolang berdekatan dengan aliran sungai Cidadap sehingga terdapat alternatif aktivitas wisata untuk berenang di aliran sungai Cidadap," tuturnya.

Ia menjelaskan, fasilitas wisata yang tersedia di Situ Rancabolang masih terbilang sangat minim, karena belum dikembangkan secara baik, fasilitas penunjang wisata yang tersedia yaitu hanya papan nama kawasan dan jalan setapak untuk berkeliling danau.

Baca Juga: Ikatan Cinta 24 Oktober 2021, Mama Sarah Susun Siasat untuk Celakakan Irvan

"Belum terdapatnya toilet umum dan tempat sampah sehingga bila wisatawan yang ingin pergi ke toilet harus menumpang ke rumah penduduk," jelasnya.

Ia menilai, perlu adanya pengembangan fasiltas guna menambah kenyaman wisatawan yang berkunjung ke kawasan Situ Rancabolang.

Selain itu, lanjut dia, aksesibiltas merupakan kemudahan pencapaian menuju kawasan daya tarik wisata.

"Jarak yang ditempuh dari pusat kota kecamatan yaitu 8,2 km dengan ground cover jalan sebagai sudah berupa aspal dan sebagai lagi masih erbatuan dan tanah merah," ujarnya.

Baca Juga: Klub Motor BB1%MC Tidak Pernah Kendurkan Gas untuk Hal Satu Ini...

Ia menambahkan, kendaraan umum yang melintasi kawasan dapat menggunakan kendaraan umum elf jurusan Gununghalu – Ciwidey dengan tarif Rp 15.000,00.

"Selain menggunakan kendaraan elf wisatawan juga dapat menggunakan ojek yang dengan tarif Rp 10.000 – Rp 20.000," tandasnya. (agus satia negara) ***

 
 
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bandung Musnahkan Puluhan Kilogram Narkotika

Senin, 29 November 2021 | 16:00 WIB

Imbas Long March Buruh, Gerbang Tol Pasteur Ditutup

Senin, 29 November 2021 | 15:34 WIB

Lakukan Cara Ini Jika Mobil Kamu Bebas dari Embun

Sabtu, 27 November 2021 | 13:56 WIB

Satpol PP Kota Bandung Siap Kawal PPKM Level 3

Sabtu, 27 November 2021 | 11:43 WIB
X