• Minggu, 28 November 2021

Pandemi Tak Pengaruhi Merdeka Belajar di SMAN 3 Kota Bandung

- Senin, 25 Oktober 2021 | 16:26 WIB
 (okky adiana)
(okky adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Merdeka Belajar sejatinya merupakan unit pendidikan yaitu sekolah, guru-guru, dan siswa-siswinya punya kebebasan dalam berinovasi dan bertindak dalam proses belajar.

Dalam hal ini, guru sangat dianjurkan untuk tidak bersikap monoton dan masih menerapkan teacher centre yang mana dalam kegiatan pembelajaran di kelas berpusat pada guru.

Melihat hal tersebut, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMAN 3 Kota Bandung Ida Rohayani mengatakan, merdeka belajar yang diterapkan di SMAN 3 Kota Bandung, khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) sangat maksimal.

Baca Juga: Merdeka Belajar dan Kepastian Pendidikan

Pasalnya, sebagai pendidik, pihaknya tidak memaksa mereka untuk sesuai apa yang menjadi ukuran dirinya. Karena menilai anak itu bukan seperti mengukur diri sendiri, tetapi juga harus mempertimbangkan secara teknis apakah anak-anak memiliki sarana dan prasaran sesuai dengan kondisi yang sekarang.

"Sehingga ketika anak 'mohon maaf' ini tidak bisa tepat waktu mengirimkan tugas karena terkendala teknis, hal-hal ini harus lumrah, bukan kesalahan mereka, tapi human error, tapi itu kan tenologi yang error. Nah, hal-hal itu yang kami tekankan kepada guru-guru untuk menjaga mereka, kesejahteraan mereka agar mereka tidak merasa tertekan dengan keadaan-keadaan yang sekarang yang terjadi dengan kondisi khusus ini," kata Ida Rohayani, Senin 25 Oktober 2021.

Menurut dia, program merdeka belajar membawa dampak positif bagi siswa. Pasalnya, metode tersebut memberikan ruang bebas bagi siswa untuk mengembangkan bakatnya lebih optimal. Di sisi lain, pihak sekolah juga bisa melakukan pengawasan dengan informasi yang diperoleh dari orangtua siswa.

Baca Juga: Kado Hardiknas Disdik Jabar Luncurkan Tiga Inovasi Sokong Merdeka Belajar

"Kami tidak akan men-judge seperti itu, yang jelas itulah yang disebut merdeka belajar, karena semuanya berbicara tentang bagaimana menjadikan anak kembalikan ke fitrah anak," imbuhnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan Cara Ini Jika Mobil Kamu Bebas dari Embun

Sabtu, 27 November 2021 | 13:56 WIB

Satpol PP Kota Bandung Siap Kawal PPKM Level 3

Sabtu, 27 November 2021 | 11:43 WIB

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB
X