• Minggu, 28 November 2021

TOD KCJB Walini Dibatalkan, Hengky Sebut KBB Masih Ada Proyek Ini

- Senin, 25 Oktober 2021 | 21:45 WIB
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan (Agus Setia Nagara)
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan (Agus Setia Nagara)

INILAHKORAN, Bandung-Rencana pembatalan atau ditundanya pembangunan Transit Oriented Development (TOD) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di kawasan Walini, Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat direspon positif Pemerintah Daerah Bandung Barat.

Pasalnya, kendati pembangunan TOD Walini tidak terealisasi, KBB masih memiliki peran dan tetap terlibat dalam proyek strategis nasional tersebut.

Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, stasiun KCJB tengah dibangun dengan mengembangkan Stasiun Padalarang yang saat ini ada, menjadi stasiun singgahan yang terintegrasi antara cepat dengan kereta dalam kota Bandung Raya.

Baca Juga: Peringati Hari Santri, Hengky Kurniawan Ungkap Makna di Baliknya...

"Pembangunan TOD Walini memang belum ada kepastian ditunda atau akan dilanjutkan. Tapi kita mengambil keuntungan dengan dikembangkannya Stasiun Padalarang menjadi stasiun singgahan bagi Kereta Cepat," katanya.

Ia menilai, keuntungan dari dikembangkannya Stasiun Padalarang menjadi stasiun kereta cepat maka kawasan sekitarnya juga akan ditata. Menurutnya, hal itu akan berimbas pada ekonomi di masyarakat yang tentunya akan terdongkrak.

"Dengan adanya penataan kawasan Stasiun Padalarang nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Tiga Tahun Aa Umbara-Hengky Pimpin KBB, Buruh Sebut Banyak Janji Belum Ditepati

Ia menjelaskan, saat ini Pemda KBB tengah melakukan kajian di sekitar kawasan Stasiun Padalarang. Termasuk bagaimana memperluas jalan ke kawasan kantor pemda dan juga penataan di sekitar Jalan Simpang Panaris dan Gedong Lima.

"Nantinya konsep yang ada bisa ditawarkan ke investor untuk pengembangannya dan bagaimanapun ini kan proyek strategis nasional jadi ada pembagian tugas dan kewenangan pusat, provinsi, dan kabupaten," jelasnya.

Ia mengaku, dirinya sudah bertemu Direktur Sapras Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang menyebutkan, Stasiun Padalarang jadi stasiun tambahan kereta cepat.

Baca Juga: Ada Fosil di KBB, Hengky Kurniawan Ingin Lokasi Penemuan Jadi Destinasi Wisata

Sementara terkait nasib kawasan Walini, ia menyebut, di lokasi itu sudah dilakukan pengkajian bahwa sebelumnya akan dikembangkan menjadi daerah kawasan ekonomi khusus (KEK).

Hanya saja, sambung dia, lantaran adanya keterbatasan anggaran di pusat dan agar tidak membebani APBN, maka prioritas pemerintah pusat lebih mendahulukan trase kereta cepat daripada membangun TOD Walini.

"Ya kita ikut pemerintah (pusat), karena pasti ada skala prioritas dalam mengejar beroperasinya kereta cepat Jakarta Bandung diakhir 2022 nanti," ujarnya.

Baca Juga: Sambangi Papua, Hengky Kurniawan Beri Motivasi Atlet KBB Berprestasi dengan Kadeudeuh

Di tempat terpisah, Asisten Daerah 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemda KBB, Maman Sulaeman menambahkan, ke depan kawasan Padalarang akan menjadi daerah metropolis di KBB sebab ditata jadi sentra bisnis dengan ditunjang akses transportasi yang terintegrasi.

"Jalannya akan diperlebar seperti di depan stasiun, Jalan Gedong Lima, Simpang Panaris, dan Jalan Underpass Padalarang ke Cisarua, dengan Right of Way (ROW) sekitar 15 meter," ujarnya.

Ia menyebut, akses jalan tersebut sebagai daya dukung penumpang dari Jakarta pengguna kereta cepat.

Baca Juga: Sambangi Papua, Hengky Kurniawan Beri Motivasi Atlet KBB Berprestasi dengan Kadeudeuh

"Di Gedong Lima juga akan dibangun Terminal Tipe C, sehinga semua transportasi terintegrasi, karena akses Tol Cipularang dan kereta lokal Bandung Raya juga ada," ujarnya. (agus satia negara) ***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan Cara Ini Jika Mobil Kamu Bebas dari Embun

Sabtu, 27 November 2021 | 13:56 WIB

Satpol PP Kota Bandung Siap Kawal PPKM Level 3

Sabtu, 27 November 2021 | 11:43 WIB

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB
X