• Selasa, 30 November 2021

Festival Kesenian Indonesia XI 2021 Perkuat Otentisitas Seni Tanah Air

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:09 WIB
 (istimewa)
(istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Perhelatan Festival Kesenian Indonesia XI 2021 resmi ditutup pada Senin 26 Oktober 2021. Meski jadi perhelatan seni pertama secara daring, namun antusias penonton sangat tinggi mencapai 30 ribu.

Ketua Pelaksana FKI XI 2021 Ismet Ruchimat mengatakan antusiasme penonton sungguh di luar dugaan. Festival Kesenian Indonesia XI ini merupakan festival pertama yang dilakukan secara daring.

"Antusiasme penonton selama 6 hari sejak dari pembukaan sudah mencapai 30 ribu lebih," katanya, Selasa 26 Oktober 2021.

FKI tahun ini mengangkat tema Indonesian Art Spirit: Diversitas & Ekosistem Budaya. Event ini, selain menjadi ajang silaturahmi bagi Perguruan Tinggi Seni (PTS), juga dirancang dengan tujuan mempresentasikan keberadaan dan keragaman seni pertunjukan Indonesia melalui karya mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Ismet menjelaskan, ada sembilan PTS yang mengikuti festival tersebut. Sembilan itu ialah ISBI Aceh, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung, Institut Kesenian Jakarta, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya, ISI Denpasar, dan ISBI Tanah Papua. Sembilan perguruan tinggi seni ini tergabung dalam Badan Koordinasi Perguruan Tinggi Seni (BK-PTS), dan ditambah satu penampilan dari Universitas Negeri Medan (Unimed).

Baca Juga: Festival Kesenian Indonesia XI 2021 Ajang Silaturahmi Perguruan Tinggi Seni

"Keragaman karya yang ada menjadi jawaban dari tema FKI tahun ini, yaitu Indonesian Art Spirit: Diversitas & Ekosistem Budaya. Tentu setiap PTS sangat menjadi nilai dan kearifan lokal. Di sinilah letak perbedaan festival saat ini," ujarnya.

Ismet melanjutkan, nilai seni dan kearifan lokal yang tumbuh dan terus berakar pada berbagai dimensi ruang dan waktu, menjadi jaminan akan penguatan spirit ke-Indonesia-an. Dia berharap, gelaran festival selanjutnya tetap mengusung memperkuat identitas dan otentisitas seni di Tanah air.

"Kita ingin lebih menguatkan peran seni Indonesia untuk tidak sekadar dianggap bilangan, tetapi sekaligus diperhitungkan," jelasnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Aliansi Buruh Jabar Tuntut Kenaikan UMK 2022

Selasa, 30 November 2021 | 18:39 WIB

Kejari Bandung Musnahkan Puluhan Kilogram Narkotika

Senin, 29 November 2021 | 16:00 WIB

Imbas Long March Buruh, Gerbang Tol Pasteur Ditutup

Senin, 29 November 2021 | 15:34 WIB
X