• Selasa, 30 November 2021

Pemkot Cimahi: Penanganan HIV AIDS Butuh Kolaborasi Pentahelix

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:42 WIB
 (istimewa)
(istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Cimahi Maria Fitriana mengatakan, upaya pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS tidak dapat berjalan jika hanya mengandalkan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) atau Dinas Kesehatan saja.

Dia menegaskan, penanganan HIV AIDS itu membutuhkan kolaborasi antarpemangku kepentingan Pentahelix. Sinergi itu dilakukan melalui implementasi pendekatan akademisi, business, community, gevernment, dan media (ABCGM).

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan koordinasi lintas sektor dalam pelaksanaan Program Penanganan HIV AIDS di Kota Cimahi itu Pemkot Cimahi melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cimahi menggelar rapat koordinasi bidang sosial di Aula Kecamatan Cimahi Utara, Kamis 28 Oktober 2021.

Baca Juga: Di Kabupaten Cirebon, Pentahelix Ending AIDS 2030 Dideklarasikan

Di dalam rapat koordinasi itu dilakukan penandatanganan dan deklarasi bersama Pentahelix perwakilan unsur ABCGM mengenai pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS.

“Kami berharap setelah rakor, semua stakeholders dapat mengerti, memahami, dan melaksanakan program penanggulangan HIV AIDS sesuai dengan perannya masing-masing secara terkoordinasi dan saling bersinergi,” kata Maria Fitriana.

Rakor dihadiri sekitar 50 undangan yang terdiri dari unsur perangkat daerah, unsur TP PKK Kota dan Kecamatan, MUI Kota Cimahi, Polres Cimahi, akademisi, swasta, komunitas, media, dan kader warga peduli AIDS se-Kota Cimahi.

Baca Juga: Miliki Kasus Tertinggi se-Jabar, Kota Bandung Bidik Zero HIV/AIDS pada 2030

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan saat ini masih ada sekitar 20 orang yang mengidap HIV AIDS. Angka itu diakuinya menurun dari tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Aliansi Buruh Jabar Tuntut Kenaikan UMK 2022

Selasa, 30 November 2021 | 18:39 WIB

Kejari Bandung Musnahkan Puluhan Kilogram Narkotika

Senin, 29 November 2021 | 16:00 WIB

Imbas Long March Buruh, Gerbang Tol Pasteur Ditutup

Senin, 29 November 2021 | 15:34 WIB
X