• Sabtu, 27 November 2021

Darul Hikam Integrated School Primary Gelar Virtual Field Trip

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:00 WIB
istimewa
istimewa
INILAHKORAN, Bandung - Di masa pandemic ini, beberapa program sekolah yang mengharuskan siswa belajar dan berinteraksi langsung dengan objek belajar dan komunitas sekolah akan sangat terganggu. Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary memiliki salah satu program kesiswaan yaitu pelaksanaan Field Trip. 
 
Kegiatan virtual field trip ini dilaksanakan satu kali setiap semester, dan destinasi kunjungan disesuaikan dengan topik belajar yang sedang siswa peroleh di sekolah. Akan tetapi dikarenakan kondisi pandemic, program tersebut harus dilakukan secara online agar siswa tetap mendapat pengalaman belajar yang serupa. 
 
Maka itu sekolah DHIS Primary mengadakan Virtual Field Trip untuk mewadahi keingintahuan peserta dalam mendapatkan informasi baru. Pihak sekolah membagi 3 kegiatan Virtual Field Trip. 
 
Kepala Sekolah Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary, Rustati mengatakan pihaknya tetap melaksanakan kegiatan siswa field trip secara online. 
 
Menurutnya meskipun dilaksanakan secara online, namun poin-poin penting berupa mutu kegiatan dan muatan pendidikan dalam proses pembelajaran tetap terlaksana dan diserap oleh siswa. 
 
"Kegiatan virtual field trip ini dilaksanakan satu kali setiap semester, dan destinasi kunjungan disesuaikan dengan topik belajar yang sedang siswa peroleh di sekolah. Akan tetapi, dikarenakan kondisi pandemi, program tersebut harus dilakukan secara online agar siswa tetap mendapat pengalaman belajar yang serupa," papar Rustiati, Kamis 28 Oktober 2021.
 
Menurutnya, virtual field trip tersebut, untuk mewadahi keingintahuan siswa dalam mendapatkan informasi baru. Pihaknya membagi tiga kegiatan, untuk Primary 1 dan 2 dengan mengunjungi Phoenix Zoo Arizona, USA. 
 
"Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2021. Mereka mengunjungi Phoenix Zoo Arizona, USA , kebun binatang terluas di Amerika Serikat yang memiliki lebih dari 3000 jenis hewan yang berasal dari Benua Asia, Amerika dan Afrika. Mereka juga berkunjung ke Masjid Tempe yang merupakan pusat kegiatan muslim yang ada di Arizona," jelasnya. 
 
Rustati menjelaskan bahwa selain memperoleh wawasan mengenai jenis-jenis fauna, siswa-siswi juga mengetahui perkembangan dan peradaban umat muslim yang ada di daerah Arizona.
 
Sedangkan siswa Primary 3 sampai Primary 6 berkunjung ke PP IPTEK TMII Jakarta, untuk menajamkan keunggulan sekolah di bidang STEM Education (Science, Technology, Engeneering, & Mathematics). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 2021. 
 
Dalam kesempatan tersebut, siswa-siswi menyaksikan Science Show tentang Nitrolastic dan Fire and Magic Pressure, film tentang cara-cara menangkal Covid juga mengenai Arsitektur Cangkang. Kegiatan diakhiri dengan projek sains. Primary 3 membuat kapal pesiar dan mini saturnus, sementara itu Primary 4-6 membuat Periskop dan Rangka Bangun. 
 
"Siswa-siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan membuat projek nya, karena walaupun secara virtual, namun mereka bisa mendapatkan pengalaman belajar yang sama seperti ketika mereka langsung mengunjungi tempatnya. Tanggapan siswa pun positif, karena selain melihat science show, mereka pun mendapat kesempatan membuat projek yang mengasah otak dan juga keterampilan berpikir siswa," paparnya. 
 
Ia berharap melalui kegiatan tersebut, dapat menggugah semangat para siswa untuk menjadi kreatif dan inovatif. Lebih jauh, bertujuan agar dapat meningkatkan semangat siswa untuk menjadi penemu-penemu muda walaupun dalam aspek yang sangat sederhana.
 
Selain itu, para siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif, melalui kegiatan pembelajaran di luar sekolah yang menyenangkan dan bermakna. 
 
"Sehingga semakin menambah khazanah pengetahuan siswa, mengasah kemampuan komunikasi berbahasa inggris, dan berkolaborasi antar siswa dan non siswa. Siswa DHIS Primary senantiasa menjadi siswa yang berakhlak dan berprestasi dalam situasi apa pun," ucapnya. 
 
Salah seorang siswa, Gyandra Alkhalifi mengungkapkan jika dirinya sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti seluruh rangakaian kegiatan virtual field trip, karena dia dapat mengasah kreatifitas dan pemikirannya. Hal ini merupakan kolaborasi dari minds-on dan hands-on yang akan membuat siswa terbiasa dalam mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill). 
 
"Kegiatan field trip nya sungguh menyenangkan dan menarik, jadi lebih bersemangat untuk belajar," pungkasnya. (Okky Adiana)
 

Editor: JakaPermana

Artikel Terkait

Terkini

Lakukan Cara Ini Jika Mobil Kamu Bebas dari Embun

Sabtu, 27 November 2021 | 13:56 WIB

Satpol PP Kota Bandung Siap Kawal PPKM Level 3

Sabtu, 27 November 2021 | 11:43 WIB

Kepemimpinan Oded Yana, Hadirkan 240 Taman Level RW

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Pemkab Bandung Usulkan Akses Tol Cigatas di Tegalluar

Kamis, 25 November 2021 | 21:15 WIB
X