• Selasa, 17 Mei 2022

Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung Gelar Festival Film Budaya Nusantara 3 

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 10:02 WIB
ISBI Bandung menyelenggarakan Festival Film Budaya Nusantara yang ke 3 dengan tema “Ragam Budaya, Film Indonesia". (Okky Adiana/Istimewa)
ISBI Bandung menyelenggarakan Festival Film Budaya Nusantara yang ke 3 dengan tema “Ragam Budaya, Film Indonesia". (Okky Adiana/Istimewa)
 
INILAHKORAN, Bandung - Program Studi (Prodi) Film dan Televisi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, menyelenggarakan Festival Film Budaya Nusantara yang ke 3 dengan tema “Ragam Budaya, Film Indonesia".
 
Acara berlangsung di Gedung Kesenian Dewi Asri Jalan Buahbatu nomor 212 Bandung, pada 29, 30, 31 Oktober 2021. 
 
Penyelenggaraan Festival Budaya Nusantara dikemas dengan berbagai kegiatan pendukung, salah satunya adalah, Film Special Screening dengan judul “You n I” Sutradara Fanny Chotimah.

 
Fanny Chotimah menceritakan, Film "You n I" ini berkisah tentang dua sosok manusia, Kasminah dan Kusdalini. Mereka adalah tahanan politik dan bertemu pada saat masih muda di penjara. Setelah itu, mereka bersahabat dan tinggal lebih dari 50 tahun, dan hidup bersama. 
 
Benang merah dari film ini, kata Fanny Chotimah, menceritakan tentang relasi persahabatan yang memang sangat menginspirasi. Artinya, tidak semua orang bisa memiliki persahabatan seperti Kasminah dan Kusdalini dan teruji oleh waktu, ironinya mereka bertemu dengan situasi traumatis, mereka mencoba bertahan hidup, sampai lanjut usia (lansia).
 
"Jadi, saya merekam setahun terakhir dalam kehidupan mereka. Karena Mbah Kusdalini tahun pertama meninggal dan disusul dengan Mbah Kasminah yang meninggal ditahun kedua. Tentu kita akan menemukan banyak pelajaran dari pengalaman hidup mereka, karena sebagai film maker sangat terinspirasi oleh sosok Kaminah dan kusdalini ini. Semoga film ini bisa diakses luas oleh masyarakat dari segala umur," papar terang Sutradara asal Solo ini.
 
 
Ketua Pelaksana Dara Bunga Rembulan mengatakan, penekanan konsep budaya nusantara melalui festival film ini, diharapkan menjadi wahana bagi para sineas, akademisi, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengembangkan kreativitas dalam berkarya serta berkontribusi menggali potensi keberagaman seni budaya Indonesia dalam kemasan rekaman audio visual/media rekam sehingga aset berharga nusantara dapat diapresiasi oleh masyarakat secara lebih luas. 
 
"Festival Film ini milik prodi ISBI Bandung. Yang menyelenggarakannya meliputi unsur dosen, mahasiswa, dan alumni. Ketiga steakholder ini kita saling bersinergi. Kita berharap, di Festival Film Budaya Nusantara terjalin sinergitas antara mahasiswa, dosen dan alumni," papar Dara Bunga Rembulan.
 
 
Sebagai catatan, Festival Film Budaya Nusantara, pertama kali dirilis pada tahun 2018 dan didesain menjadi program unggulan tahunan Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung. Adapun tujuan diselenggarakannya festival ini adalah, pertama untuk meningkatkan produksi film Indonesia yang berkualitas, kedua meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya nusantara Indonesia, ketiga sebagai media apresiasi film Indonesia di kalangan pelajar maupun mahasiswa/umum, keempat sebagai ajang kompetisi untuk meningkatkan mutu film Indonesia. Pada penyelenggaraan festival tahun 2021, sejak informasi penyelenggaraan festival didistribusikan antusias peserta sangat baik. 
 
Tercatat sekitar lebih dari 250 judul karya film bertema budaya nusantara dari berbagai kawasan dalam berbagai kategori telah mendaftar untuk menyemarakan hajat tahunan perfileman bertema budaya ini.*** (Okky Adiana)
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X