250 Film Meriahkan Festival Film Budaya Nusantara ISBI Bandung

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 17:46 WIB
Fanny Chotimah, sutradara film You n I yang turut ambil bagian dalam Festival Film Budaya Nusantara ISBI Bandung. (Okky Adiana)
Fanny Chotimah, sutradara film You n I yang turut ambil bagian dalam Festival Film Budaya Nusantara ISBI Bandung. (Okky Adiana)


INILAHKORAN, Bandung, -Gelaran Festival Film Budaya Nusantara ke-3 yang digelar Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung bertajuk "Ragam Budaya, Film Indonesia" disambut antusias berbagai kalangan.

Terbukti, sebanyak 250 film dengan tema budaya nusantara turut ambil bagian dalam kegiatan yang digelar 29 hingga 31 Oktober 2021 tersebut. Festival Film Budaya Nusantara ISBI Bandung yang digelar di Gedung Kesenian Dewi Asri, Jalan Buahbatu No 212 Kota Bandung itupun dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung.

Ketua Pelaksana Festival Film Budaya Nusantara ISBI Bandung, Dara Bunga Rembulan mengatakan, penekanan konsep budaya nusantara melalui festival film tersebut diharapkan menjadi wahana bagi para sineas, akademisi, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk mengembangkan kreativitas dalam berkarya.

Baca Juga: Aset Pemkab Bogor Seluas 100 Hektare di Tamansari Belum Bersertifikat, Usep Salahkan DPKPP

Dara juga berharap hal itu akan berkontribusi menggali potensi keberagaman seni budaya Indonesia dalam kemasan rekaman audio visual atau media rekam. Sehingga aset berharga nusantara dapat diapresiasi masyarakat secara lebih luas.

"Festival Film ini milik prodi ISBI Bandung. Yang menyelenggarakannya meliputi unsur dosen, mahasiswa, dan alumni. Ketiga steakholder ini kita saling bersinergi. Kita berharap, di Festival Film Budaya Nusantara terjalin sinergitas antara mahasiswa, dosen dan alumni," papar Dara Bunga Rembulan.

Sebagai catatan, Festival Film Budaya Nusantara, pertama kali dirilis pada tahun 2018 dan didesain menjadi program unggulan tahunan Prodi Film dan Televisi ISBI Bandung.

Baca Juga: Hengky Intruksikan ASN KBB Wajib Belanja Produk Lokal, Pelaku UMKM Minta Hal Ini

Adapun tujuan diselenggarakannya festival ini adalah, pertama untuk meningkatkan produksi film Indonesia yang berkualitas, kedua meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap budaya nusantara Indonesia, ketiga sebagai media apresiasi film Indonesia di kalangan pelajar maupun mahasiswa/umum, keempat sebagai ajang kompetisi untuk meningkatkan mutu film Indonesia. Pada penyelenggaraan festival tahun 2021, sejak informasi penyelenggaraan festival didistribusikan antusias peserta sangat baik.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X