DAMRI Rute Alun-alun Bandung-Ciburuy Berhenti Sementara, Warga Ungkap Kenangan Masa Lalu

- Senin, 1 November 2021 | 12:55 WIB
DAMRI dengan rute Alun-alun Bandung-Ciburuy berhenti dalam kurun waktu tiga hari terakhir. (Agus SN)
DAMRI dengan rute Alun-alun Bandung-Ciburuy berhenti dalam kurun waktu tiga hari terakhir. (Agus SN)

INILAHKORAN, Ngamprah - DAMRI dengan rute Alun-alun Bandung-Ciburuy berhenti dalam kurun waktu tiga hari terakhir. Banyak warga mengungkap kenangan.
 
Praktis hal itu membuat aktivitas pool DAMRI yang berlokasi di Kampung Kuta Luhur RW 8, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tampak sepi, bahkan hampir tak ada tanda-tanda kehidupan.
 
Seperti diketahui sebelumnya, Perum DAMRI menghentikan sementara operasional delapan rute bus kota di wilayah Bandung Raya sejak Kamis 28 Oktober 2021.
 
 
Adapun beberapa rute yang dihentikan, antara lain Cicaheum-Cibeureum, Ledeng- Leuwipanjang, Dipatiukur-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur- Jatinangor, Kebon Kalapa- TJ Sari, Cicaheum- Leuwipanjang, dan Alun- alun Bandung-Ciburuy.
 
Gerbang pool yang biasa terbuka, kini hanya dihalangi bambu dan tampak digembok sehingga tak ada yang bisa masuk. Hal serupa juga terlihat di dalam, tidak ada bus DAMRI atau kendaraan motor atau mobil yang terparkir.
 
 
Salah seorang warga yang diminta menjaga pool tersebut, Aep (51) mengatakan, pasca diberhentikan sementara operasional bus DAMRI rute Alun-alun Bandung-Ciburuy pool bus sepi tidak ada aktivitas. Padahal, menurutnya, biasanya cukup ramai dengan keluar masuknya bus. 
 
"Sudah tiga hari kondisinya sepi, sejak ada pengumuman berhenti operasi. Bus juga semua disimpan di pool di Bandung tidak di sini (Ciburuy)," ujarnya.
 
Ia menilai, pemberhentian sementara DAMRI Alun-alun Bandung-Ciburuy bisa dimaklumi. Pasalnya, jumlah keterisian penumpang berkurang drastis, terutama saat mulai masuk pandemi COVID-19. 
 
Kendati demikian, dirinya berharap DAMRI bisa secepatnya lagi beroperasi dan melayani penumpang.
 
 
"Bus DAMRI rute Alun-alun Bandung-Ciburuy ini termasuk bus legenda karena telah beroperasi sejak tahun 1990," ujarnya.
 
"Sayang kalau harus terhenti operasionalnya, karena sekarang yang masih beroperasi bus DAMRI Bandung-Kota Baru Padalarang via tol," imbuhnya.
 
Sementara itu, warga Ciburuy Hendi (40) mengaku, dirinya menyayangkan dengan dihentikan sementara bus DAMRI tersebut. Ia menilai, bus itu jadi sarana utama bagi pekerja dari Padalarang ke arag Cimahi atau Bandung.
 
"Selain ongkos lebih murah, rutenya juga tidak memutar seperti angkot," ujarnya.
 
"Kalau naik DAMRI lebih praktis, sekali naik bisa sampai dan tidak muter. Kalau naik angkot dari Ciburuy ke Bandung harus beberapa kali ganti angkot dan memutar di kawasan tagog Padalarang," imbuhnya. 
 
 
Sementara itu, pengguna DAMRI warga Cimareme, Kiki (43) mengaku memiliki kesan tersendiri dan mendalam dengan bus DAMRI jurusan Ciburuy. 
 
Menurutnya, saat masih duduk di bangku SMP tahun 1990 di Baloper Padalarang, dirinya selalu naik bus tersebut guna menghemat ongkos dan waktu. 
 
 
"Kalau naik angkot saya harus ganti di Tagog Padalarang, namun kalau naik DAMRI hanya sekali naik dan turun di gerbang menuju sekolah. Sayang sekali jika harus berhenti, itu bus trayek legenda ke objek wisata Situ Ciburuy," tuturnya.*** (agus satia negara)
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X