• Selasa, 24 Mei 2022

BRIN Kembangkan Kandidat Vaksin Pasif Covid-19 Berteknologi Nuklir

- Kamis, 4 November 2021 | 14:32 WIB
Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) Agus Sumaryanto (doni ramdhani)
Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) Agus Sumaryanto (doni ramdhani)

INILAHKORAN, Bandung - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset dan Teknologi Nuklir Terapan (PRTNT) kini mengembangkan inovasi terkait vaksin pasif Covid-19.

Untuk itu, Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) berkolaborasi dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dan PT Tekad Mandiri Citra menyelesaikan uji praklinis terhadap antibodi kuning telur ayam (IgY) yang digadang-gadang menjadi vaksin pasif Covid-19.

Kepala ORTN Agus Sumaryanto mengatakan, untuk menekan pertambahan kasus Covid-19 ini pemerintah berupaya memberikan vaksin guna menciptakan kekebalan tubuh atau antibodi. Sebagai alternatif penanganan Covid-19, IgY merupakan antibodi spesifik yang dapat berikatan dengan virus dan mencegah menempelnya virus pada reseptor inang.

IgY diakuinya telah lama diteliti dan diaplikasikan pada diagnostik maupun terapi penyakit di hewan ternak dan juga manusia. Bahkan, IgY juga diketahui dapat menetralisasi virus SARS. Agus menuturkan, uji praklinis terhadap IgY merupakan keberhasilan para peneliti di lingkungan PRTNT bersama para mitranya dalam mencari solusi penanganan Covid-19.

Baca Juga: Jalan Panjang Pengembangan Energi Nuklir Nasional

“Capaian ini juga menjadi bukti bahwa teknologi nuklir mempunyai peran dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya dalam penanganan Covid-19,” kata Agus di Bandung, Rabu 3 November 2021.

Dia menjelaskan, BRIN akan terus mendukung dan memfasilitasi berbagai penelitian khususnya di bidang kesehatan yang dapat dirasakan langsung masyarakat. Kolaborasi sesama peneliti dari dalam atau luar BRIN menjadi hal yang penting dalam mempercepat keberhasilan sebuah penelitian.

Sedangkan, peneliti PRTNT Hendris Wongso menyebutkan kegiatan uji praklinis terhadap IgY sebagai kandidat vaksin pasif Covid-19 telah dimulai sejak September 2020. Unpad bersama PT Tekad Mandiri Citra (TMC) telah berhasil memproduksi IgY spesifik sebagai antibodi Covid-19.

“IgY yang dihasilkan dalam telur ayam SAN (specific antibody negative) ini telah berhasil dimurnikan menggunakan metode kromatografi afinitas. Kemudian, IgY anti-Covid-19 ini juga telah terbukti dapat berinteraksi dengan antigen protein spike virus SARS-CoV-2 pada uji imunoreaktivitas,” jelas Hendris Wongso.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 24 Mei 2022

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:40 WIB

Kampus ISBI Bandung Ini Memiliki UKM Ismasi

Senin, 23 Mei 2022 | 20:40 WIB
X